Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indikator Diferensiasi Produk dan Metodenya

Kompas.com - 15/08/2023, 13:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Diferensiasi produk biasanya mengubah sedikit karakter produk. Di antaranya kemasan maupun tema promosi. 

Dilansir dari buku Teori Ambang Ekonomi dan Penerapannya (1979), diferensiasi produk yang bersifat movasional biasanya ditanggapi positif oleh pihak pembeli karena dianggap mempunyai mutu yang lebih baik dan lebih memenuhi selera pelanggan yang selalu berkembang. 

Baca juga: Perbedaan Perencanaan Produk dan Perencanaan Produksi

Indikator diferensiasi produk 

Dikutip dari buku Manajemen Pemasaran (2014) oleh Philip Kotler, indikator diferensiasi produk, yaitu: 

  • Bentuk, digunakan untuk melakukan diferensiasi produk berdasarkan ukuran, model atau struktur fisik produk.
  • Keistimewaan, adalah sifat yang dimiliki oleh suatu produk yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tertentu dari konsumen sehingga bisa memberikan kepuasan kepada konsumen.
  • Mutu kinerja, merupakan tingkat berlakunya karakteristik dasar produk. Sebagian besar produk dibangun berdasarkan dari salah satu level kinerja, yaitu: rendah, rata-rata, tinggi, dan unggul dimana perusahaan menyesuaikan level kinerja dengan pasar sasaran dan pesaingnya.
  • Daya tahan, merupakan suatu ketahanan pada suatu produk atau suatu ukuran usia operasi produk yang diharapkan dalam kondisi normal atau berat yang merupakan atribut berharga untuk suatu produk tertentu.
  • Gaya, menggambarkan penampilan dan perasaan yang ditimbulkan oleh produk tersebut bagi konsumen dan menciptakan kekhasan yang sulit ditiru.
  • Rancangan, merupakan suatu kualitas produk yang diukur berdasarkan rancang bangun produk dan keseluruhan fitur yang memberikan efek bagaimana produk tersebut terlihat, dirasakan, dan fungsi produknya.

Baca juga: 3 Contoh Produk Teknologi yang Menggunakan Magnet

Metode diferensiasi produk 

Semua perusahaan mencari beberapa jenis keunggulan kompetitif yang dapat membedakan produk mereka dari produk yang lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa metode yang lebih umum digunakan untuk membedakan suatu produk:

  • Rancangan unik

Beberapa produk dibedakan oleh rancangan mereka. Seperti halnya pertimbangan pengembangan perumahan yang membangun rumah dan menjualnya setelah diselesaikan. 

Pengembang berusaha membangun perumahan yang dapat memuaskan pembeli. 

  • Kemasan unik

Strategi pengemasan dapat menentukan kesuksesan atau kegagalan sebuah produk, khususnya untuk produk yang tingkat kualitasnya sama. 

Dalam upaya membedakan diri mereka dalam persaingan, beberapa perusahaan telah mengemas ulang berbagai produk bahan makanan dalam wadah yang tahan pecah dan mudah dibuang.

  • Merek unik

Merek adalah metode untuk mengidentifikasi dan membedakan berbagai produk dari produk pesaing. Merek biasanya diawali oleh nama atau simbol. 

Merek dagang adalah bentuk merek yang mengidentifikasi bahwa produk tersebut dilindungi secara hukum untuk digunakan oleh perusahaan lain. 

Beberapa merek dagang telah menjadi sangat umum sehingga mereka mewakili namanya sendiri.

Baca juga: Pengertian Produk Menurut Ahli

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com