Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Diferensiasi Produk Menurut Ahli

Kompas.com - 10/07/2023, 14:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Diferensiasi produk adalah kegiatan memodifikasi produk menjadi menarik.

Diferensiasi tersebut memerlukan penelitian pasar yang serius agar berbeda, diperlukan pengetahuan tentang produk desain.

Diferensiasi produk umumnya mengubah sedikit karakter produk, antara lain kemasan dan tema promosi tanpa mengubah spesifikasi fisik produk meskipun itu diperlukan.

Baca juga: Pengertian Produk Menurut Ahli

Berikut pengertian diferensiasi produk menurut ahli, yaitu:

  • Menurut Kotler dan Keller

Dilansir dari buku Modul Pendamping Kewirausahaan (2020) oleh Ani Restuningsih dan kawan-kawan, pengertian diferensiasi produk menurut Kotler dan Keller adalah tindakan merancang serangkaian perbedaan yang berarti untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing.

Kotler dan keller menjelaskan diferensiasi produk dapat dibedakan menjadi bentuk, fitur, mutu kinerja, mutu kesesuaian, daya tahan. kendala, dan mudah diperbaiki.

  • Menurut Griffin

Diferensiasi produk adalah penciptaan suatu produk atau citra produk yang cukup berbeda dengan produk-produk yang telah beredar dengan maksud untuk menarik konsumen.

Secara tradisional, diferensiasi didefinisikan sebagai tindakan merancang seperangkat perbedaan yang bermakna di dalam tawaran perusahaan.

  • Menurut Kasumbogo Untung

Disadur dari bukunya Teori Ambang Ekonomi dan Penerapannya (1979), mendefinisikan diferensiasi produk yang bersifat movasional biasanya ditanggapi positif oleh pihak pembeli karena dianggap mempunyai mutu yang lebih baik dan lebih memenuhi selera pelanggan yang selalu berkembang.

  • Menurut Joefar Pratama Sahetapy

Diferensiasi produk sebagai tindakan memodifikasi produk menjadi menarik. Diferensiasi produk biasanya hanya mengubah sedikit karakter  produk, antara lain kemasan dan tema promosi tanpa mengubah spesifikasi fisik produk.

  • Menurut Jeofer Pratama

Diferensiasi produk adalah kegiatan modifikasi produk menjadi menarik. diferensiasi ini memerlukan penelitian pasar yang cukup sehingga benar – benar berbeda, diperlukan pengetahuan tentang produk desain.

Diferensiasi produk ini biasanya hanya mengubah sedikit karakter produk, antara lain kemasan dan tema promosi tanpa mengubah spesifikasi fisik produk meskipun itu diperlukan.

Baca juga: Aplikasi Pati pada Berbagai Produk Pangan

  • Menurut Trout J dalam Azizan

Diferensiasi produk adalah penawaran produk perusahaan yang memiliki sesuatu yang lebih baik, lebih cepat dan lebih murah yang akan menciptakan nilai yang lebih tinggi bagi pelanggan dibandingkan produk pesaing.

  • Menurut Porter

Diferensiasi produk adalah perusahaan tertentu yang mempunyai identifikasi merek dan kesetaraan pelanggan, yang disebabkan oleh periklanan, pelayanan pelanggan, perbedaan produk dimasa yang dulu, atau yang sekarang karena perusahaan pertama yang memasuki industri.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com