Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Kuat Belalai Gajah?

Kompas.com - 07/07/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comGajah merupakan hewan terbesar di daratan, mereka memiliki struktur khas berupa belalai yang panjang dan kuat. Namun, tahukah kamu seberapa kuat belalai gajah? Untuk mengetahuinya, simaklah penjelasan berikut!

Terbentuk dari banyak otot

Belalai gajah tidak memiliki tulang, tetapi terbentuk dari banyak otot.

Dilansir dari Ask Nature, belalai gajah terdiri lebih dari 40.000 otot dan sebagai perbandingan seluruh tubuh manusia hanya terdiri dari 650 otot saja.

Baca juga: Otot: Jenis, Sistem kerja, dan Gangguannya

Hal tersebut menjadikan belalai gajah sangatlah kuat. Dengan otot yang sangat banyak tersebut, belalai gajah dapat mengangkat sekitar 770 pon atau sekitar 350 kilogram beban dengan mudah.

Saking kuatnya, belalai gajah juga dapat merobohkan suatu pohon besar.

Keterampilan yang luar biasa

Selain kuat, belalai gajah juga memiliki keterampilan yang luar biasa. Di mana belalai gajah dapat mengangkat sehelai rumput atau keripik yang tipis tanpa merusaknya.

Dilansir dari Smithsonian Magazine, hal tersebut dikarenakan gajah memiliki puluhan ribu neuron wajah (lebih banyak daripada mamalia darat lainnya) yang mengkoordinis keterampilan belalai mereka yang luar biasa.

Baca juga: Mengenal Fungsi Gading pada Gajah

Sedotan yang kuat

Seperti yang kita ketahui, gajah jerap menyedot air dengan belalainya untuk minum dan juga mandi. Belalai gajah memiliki sedotan yang cepat dan kuat.

Dilansir dari New York Times, belalai gajah dapat menyedot air dengan kecepatan melebihi 490 kaki per detik atau hampir 30 kali lebih cepat daripada kecepatan bersin manusia.

Dengen kecepatan sedotan yang luar biasa tersebut, belalai gajah dapat menampung dua belas  liter cairan di belalainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com