Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Dimensi Diferensiasi Produk

Kompas.com - 12/07/2023, 12:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Diferensiasi produk biasanya mengubah sedikit karakter produk, antaranya kemasan dan tema promosi. Tanpa mengubah spesifikasi fisik produk meski hal itu diperlukan.

Diferensiasi produk merupakan strategi yang membuat produk berbeda dengan kompetitor bahkan melebihinya, sehingga hasil yang dapat dinilai oleh konsumen dan nilai yang diharapkan dapat memengaruhi pilihan dan kepentingan konsumen yang paling istimewa.

Sehingga produk yang diciptakan oleh perusahaan mempunyai nilai lebih di masyarakat sebagai konsumen sehingga perusahaan yang memiliki diferensiasi yang kuat akan mendapatkan kinerja yang baik di antara para pesaingnya.

Baca juga: Pengertian Diferensiasi Produk Menurut Ahli

Dilansir dari buku Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition (2015) oleh Kotler Armstrong, berikut dimensi dalam diferensiasi produk, yaitu:

  • Bentuk produk

Bentuk produk dapat didiferensiasikan berdasarkan bentuk dan ukuran, atau struktur fisik produk.

  • Fitur produk yang ditawarkan

Fitur produk yang ditawarkan mempunyai fitur atau keistimewaan yang berbeda-beda dan melengkapi fungsi dasar produk. Upaya untuk menjadi yang pertama dalam mengenalkan fitur baru yang dianggap berharga merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk bersaing.

  • Kualitas kinerja produk

Kualitas kinerja produk dapat diartikan sebagai level karakteristik dasar produk semakin bermutu produk maka semakin tinggi level karakteristiknya.

Kinerja produk yang lebih unggul memberikan dampak pembelian ulang yang lebih banyak, kesetiaan pelanggan, dan kesan yang positif dari pelanggan.

  • Mutu kesesuaian produk

Kesesuaian pembeli memberikan produk memiliki mutu kesesuaian dengan standar atau spesifikasi yang tinggi. Mutu kesesuaian adalah tingkat kesesuaian dan pemenuhan semua unit yang diproduksi terhadap spesifikasi sasaran yang dijanjikan.

  • Daya tahan

Daya tahan yaitu pembeli mengharapkan beberapa produk mempunyai daya tahan yang normal atau berat.

Produk yang mempunyai keunggulan pada daya tahan akan lebih menarik perhatian pelanggan untuk membayar lebih pada produk yang diharapkannya.

Baca juga: Pengertian Produk Menurut Ahli

  • Keandalan produk

Keandalan juga akan membayar lebih untuk mendapatkan produk yang mempunyai keandalan. Keandalan adalah ukuran probabilitas bahwa produk tertentu tidak akan rusak atau gagal dalam periode waktu tertentu.

  • Mudah diperbaiki

Mudah diperbaiki yaitu membeli memilih produk yang mudah perbaiki, yaitu ukuran kemudahan untuk memperbaiki produk ketika rusak atau gagal. Pelanggan tertarik pada jenis yang mudah diperbaiki juga karena alasan efisiensi waktu dan biaya apabila bas diperbaiki sendiri.

  • Gaya pada produk

Gaya menggambarkan penampilan dan perasaan yang ditimbulkan oleh produk bagi pembeli. Gaya memberikan pengaruh pada pelanggan dengan menampilkan keunikan dan performance pada produk untuk menarik minat beli pelanggan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com