Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Topologi Jaringan Komputer: Manfaat dan Tipenya

Kompas.com - 03/10/2023, 04:30 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Salah satu tipe jaringan komputer yang umum dijumpai adalah LAN (Local Area Network) atau bisa disebut juga jaringan lokal.

LAN adalah sebuah jaringan komputer yang terbatas di wilayah yang cenderung kecil, misalnya sekolah, kantor, atau hanya dalam ruangan.

Mari kita mengenal lebih lanjut mengenai topologi jaringan komputer.

Pengertian topologi jaringan

Secara umum, topologi jaringan adalah suatu konsep atau cara yang dilakukan guna menghubungkan dua komputer atau lebih dengan berdasar pada hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu link, node, station baik dengan kabel maupun nirkabel.

Berikut pendapat ahli mengenai pengertian topologi jaringan:

  • Zymon Machajewski

Menurut Zymon Machajewski, topologi jaringan adalah seperangkat komputer yang terhubung secara bersamaan dengan suatu tujuan utama, yaitu berbagi sumber daya.

  • Jafar Noor Yudianto

Menurut Jafar Noor Yudianto, topologi jaringan adalah suatu sistem yang terdiri atas beberapa komputer yang dirancang untuk berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan mengakses informasi penting yang terkandung di dalamnya.

  • Umi Proboyektil

Menurut Umi Proboyektil, topologi jaringan adalah sekumpulan komputer yang terpisah, tetapi saling berhubungan guna melakukan tugasnya masing-masing.

Baca juga: Jaringan Komputer: Pengertian dan Manfaatnya

Manfaat topologi jaringan

Topologi jaringan bermanfaat dalam menjaga jaringan supaya tetap stabil, efisien, aman, dan memastikan komputer mampu terhubung antara satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan.

Obrien menyampaikan bahwa berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari fungsi topologi jaringan, yaitu:

  • Mengatur hubungan perangkat

Topologi jaringan dapat membantu mengoptimalkan jaringan serta memudahkan proses pengaturan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan.

  • Menentukan rute data

Topologi jaringan dapat membantu menentukan jalur yang akan dilalui oleh data dalam jaringan.

  • Meningkatkan keamanan jaringan

Topologi jaringan dapat membantu meningkatkan keamanan jaringan dengan membatasi akses terhadap perangkat tertentu dan mencegah akses yang tidak sah ke data yang tersimpan di jaringan.

  • Meningkatkan efisiensi

Dengan topologi jaringan yang tepat, jaringan dapat beroperasi dengan lebih efisien, sehingga proses transfer data lebih cepat dan sumber daya yang digunakan pun lebih optimal.

  • Penyelesaian masalah

Topologi jaringan yang jelas dan terstruktur dapat membantu teknisi jaringan dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam jaringan.

Baca juga: Kerugian dari Jaringan Komputer

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com