Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerugian dari Jaringan Komputer

Kompas.com - 25/01/2023, 19:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comJaringan komputer memberika banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun, ternyata jaringan komputer juga membawa beberapa kerugian. Kerugian dari jaringan komputer adalah:

  • Pembuatan yang mahal
  • Menyebarnya virus
  • Pemeliharaan yang rumit
  • Kurangnya pertahanan
  • Bahaya peretasan
  • Penyebaran informasi yang tidak diinginkan
  • Kurangnya produktivitas

Baca juga: Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Pembuatan yang mahal

Kerugian dari jaringan komputer adalah pembuatannya yang mahal. Jaringan komputer kabel maupun nirkabel membutuhkan peralatan seperti kabel, router, dan juga server yang harganya tergolong mahal.

Makin besar suatu jaringan komputer, maka makin mahal juga biaya pembuatannya. Hal ini belum termasuk dengan biaya perancangan sistem dan juga pembuatan jaringan oleh ahlinya.

Menyebarnya virus

Kerugian jaringan komputer adalah berpotensi besar menyebabkan virus. Dilansir dari GeeksforGeeks, jika satu komputer terkontaminasi virus, maka ada kemungkinan komputer lain juga terkontaminasi virus tersebut.

Hal tersebut dikarenakan penyebaran virus dan malware sangat mudah terjadi pada suatu sistem, teruma ayang keamanan jaringannya tidak terpantau secara ketat.

Baca juga: Cara Kerja Firewall

Pemeliharaan yang rumit

Dilansir dari BBC, jaringan komputer yang besar memiliki pemeliharaan yang rumit sehingga dibutuhkan seorang profesional jaringan ataupun pelatihan pada orang yang akan dipekerjakan.

Kurangnya pertahanan

Kerugian dari jaringan komputer adalah kerugian pertahanan. Jaringan komputer bergantung pada suatu server pusat.

Terjadinya masalah atau kerusakan pada server pusat dapat berpengaruh pada seluruh jaringan komputer.

Baca juga: Cyber Crime: Definisi, Jenis, dan Contohnya

Bahaya peretasan

Kerugian dari jaringan komputer selanjutnya adalah bahaya peretasan. Di mana suatu komputer dapat dengan mudah diretas oleh komputer lain yang tergabung dalam jaringan komputer yang sama.

Peretasan dapat mengakibatkan pencurian data pribadi ataupun data penting yang akhirnya menyebabkan banyak kerugian.

Penyebaran informasi yang tidak diinginkan

Jaringan komputer menghubungkan banyak orang dari wilayah geografis yang berbeda, membuat mereka dengan mudah dapat mengakses berbagai informasi.

Namun, informasi yang diakses tidak selalu hal yang baik dan bermanfaat. Jaringan komputer kerap kali disalahgunakan untuk penyebaran informasi yang tidak diinginkan.

Baca juga: 5 Manfaat Internet

Misalnya, informasi tentang kekerasan, obat-obatan terlarang, penyimpangan perilaku, dan hal berifat negatif lainnya yang kemudian dapat menyebabkan kemerosotan moral.

Kurangnya produktivitas

Kerugian jaringan komputer selanjutnya adalah berkurangnya produktivitas. Di mana manusia terlalu bergantung terhadap jaringan komputer karena di dalamnya ada berbagai perangkat lunak yang membantu pekerjaan manusia.

Berkurangnya produktivitas dapat menyebabkan efek buruk lainnya seperti timbulnya rasa malas, kecanduan menggunakan perangkat komputer, dan juga masalah kesehatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com