Kompas.com - 26/08/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi jenis jaringan komputer KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi jenis jaringan komputer
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Komputer merupakan suatu perangkat elektronik yang dibuat untuk membantu kerja manusia. Komputer dapat melakukan berbagai pekerjaan seperti menghitung, menyimpan data, membuat dokumen, juga pembuatan aplikasi yang sangat kompleks.

    Agar komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya, dibutuhkan jaringan komputer. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain untuk tujuan komunikasi data secara elektronik.

    Dengan adanya jaringan komputer, manusia bisa mengakses data dari satu komputer ke komputer lainnya sehingga memungkinkan beredarnya informasi. Berikut adalah jenis-jenis jaringan yang bisa digunakan oleh komputer:

    • Personal Area Network (PAN)

    Louis E. Frenzel Jr. dalam buku berjudul Electronics Explained (2018) Personal Area Network (PAN) terbentuk ketika dua komputer atau lebih ataupun ponsel saling terhubung satu sama lain secara nirkabel dalam jarak pendek, biasanya kurang dari 30 kaki.

    Contoh PAN adalah ketika menghubungkan komputer dengan perangkat lain, misalnya laptop, printer, usb, tablet, dan juga ponsel.

    Baca juga: Jenis-Jenis Perangkat Penyimpanan di Sistem Komputer

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    • Local Area Network (LAN)

    Local Area Network (LAN) adalah jaringan komputer yang menghubungkan beberapa komputer secara fisik dalam satu lokasi yang sama.

    LAN menghubungkan komputer menggunakan kabel, menciptakan jaringan komputer dengan area terbatas. Biasanya LAN digunakan di kantor maupun sekolah untuk memudahkan pertukaran data.

    LAN juga dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang cakupannya paling kecil dan bisa digunakan oleh perusahaan atau lembaga tertentu. 

    • Wide Area Network (WAN)

    Wide Area Network (WAN) adalah jaringan komputer yang menghubungkan beberapa LAN sehingga memberikan cakupan area geografis yang sangat luas (wide). Contoh jaringan WAN yang sering digunakan adalah internet.

    • Wireless Local Area Network (WLAN)

    Disadur dari Techopedia, Wireless Local Area Network (WLAN) adalah jaringan dengan metode distribusi nirkabel untuk dua perangkat atau lebih.

    Halaman:

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.