Kompas.com - 23/06/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi prinsip dan cara kerja komputer freepik.com/pch.vectorIlustrasi prinsip dan cara kerja komputer

KOMPAS.com - Komputer adalah benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern.

Banyak kegiatan manusia yang dibantu oleh keberadaan komputer, misalnya mengirim surat elektronik, mencari referensi, melakukan ujian online, menyimpan data kependudukan, mengolah data penelitian, hingga pembuatan berbagai macam film dan animasi.

Perangkat komputer pertama kali ditemukan oleh seorang matematikawan asal Inggris bernama Charles Babbage

Sejak saat itu komputer terus-menerus berkembang hingga semodern sekarang. Walau begitu, pada dasarnya komputer memiliki prinsip dan cara kerja yang sama.

Baca juga: Komponen Komputer: Input, Output, Processing dan Storage Device

Prinsip dasar sistem komputer

Prinsip kerja komputer secara sederhana dapat digambarkan dengan tiga bagian utama yaitu perangkat input, perangkat output, CPU, dan memori. Berikut penjelasannya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • CPU

CPU adalah kepanjangan dari Central Processing Unit atau dalam bahasa Indonesia berarti unit pemrosesan pusat. Disebut unit pusat karena CPU merrupakan komponen yang berperan sebagai otak dari komputer.

Dilansir dari Stanford University, CPU menjalankan kode aktif dan memanipulasi data, sedangkan komponen lain memiliki peran yang lebih pasif seperti menyimpan memori.

  • Memori

Memori komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data pada komputer. Dengan adanya memori, komputer bisa “mengingat” suatu data jika dibutuhkan kembali.

  • Perangkat input dan output

Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi untuk memasukkan informasi ke komputer, sedangkan perangkat kerluaran adalah perangkat yang berfungsi untuk mengeluarkan informasi dari komputer.

Baca juga: Arsitektur Komputer: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Bagiannya

Dilansir dari BBC, input yang masuk ke komputer harus didigitalkan, sedangkan data yang dikeluarkan seringkali harus dianalogkan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X