Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komponen Komputer: Input, Output, Processing dan Storage Device

Kompas.com - Diperbarui 20/10/2022, 19:38 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komputer diartikan sebagai alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengolah berbagai macam data. Seperti data angka, suara, dan gambar. 

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertian komputer adalah alat elektronik yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk infomrasi, baik berupa gambar, teks, suara, atau video. 

Pada sebuah komputer terdapat beberapa komponen yang bekerja dan saling mendukung, salah satunya hardware. 

Komponen komputer hardware (perangkat keras) adalah perangkat komputer dengan wujud fisik, sehingga bisa disentuh. Seperti motherboard, prosesor, memoy, dan masih banyak lainnya. 

Hardware umumnya terbagi menjadi empat bagian, yaitu input device (perangkat masukan), output device (perangkat keluaran), proccesing device (perangkat pemrosesan), dan storage device (perangkat penyimpanan). 

Baca juga: Manfaat Komputer dalam Dunia Pendidikan

Berikut penjelasan masing-masing komponen, yaitu: 

Input device

Menurut Shelly Cashman Vermaat dalam buku Discovering Computers: Menjelajah Dunia Komputer (Edisi 3) (2007), input adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data serta perintah ke dalam komputer.

Berikut merupakan alat masukan atau input dari komputer adalah:

  • Keyboard

Raya Fahreza dalam buku Belajar Mudah Merakit Komputer untuk Pemula (2008) menjelaskan jika keyboard merupakan papan berisikan tombol huruf dan angka. Keyboard sering digunakan untuk memberi perintah kepada komputer, mengetik dokumen, atau menjalankan proses input lainnya.

  • Mouse

Adalah alat yang bisa digunakan untuk mengendalikan pergerakan kursor yang ada di layar. Mouse memiliki dua bagian tombol yang ketika diklik bisa menghasilkan perintah tertentu. Fungsi utama mouse ialah menggerakkan kursor, membuka dan menutup program, dan lain sebagainya.

  • Mikrofon

Alat input ini sering dipakai untuk memasukkan data atau perintah dalam bentuk suara. Mikrofon juga sering digunakan untuk berbicara dengan lawan bicara yang terhubung dengan internet.

  • Scanner

Merupakan alat yang sering dimanfaatkan untuk mengubah materi cetak, seperti teks atau gambar, ke bentuk yang bisa dibaca atau dilihat di komputer.

Baca juga: 5 Komponen dari Sistem Perangkat Keras Komputer

  • Web cam

Alat ini sering dipasang di bagian atas komputer atau laptop. Web cam dimanfaatkan untuk mengambil dan gambar atau video dan kemudian dikirim ke orang lain.

  • Joystick

Adalah salah satu alat input komputer yang bisa digerakkan ke berbagai arah. Dalam Bahasa Indonesia, joystick sering disebut tuas kontrol. Umumnya joystick dipakai oleh gamers, agar lebih leluasa saat bermain.

Output device 

Mengutip dari buku Pengantar Teknologi Informasi (2014) karya Edy Irwansyah dan Jurike V. Moniaga, output merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada satu orang atau lebih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com