Kompas.com - 22/06/2021, 13:08 WIB
Ilustrasi fungsi statistik pada Microsoft Excel KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi fungsi statistik pada Microsoft Excel

KOMPAS.comMicrosoft excel merupakan program aplikasi pengolahan data. Penggunaannya tidak terlalu sulit, asalkan menguasai beberapa fitur dan fungsi yang ada.

Salah satu jenis fungsi yang sering dipakai untuk perhitungan dan analisis data ialah fungsi statistik. Jenis fungsi ini masih dibagi menjadi beberapa kelompok lagi, berdasarkan data apa yang ingin dicari.

Menurut Wahana Komputer dalam buku Mengoptimalkan Fungsi dan Formula Excel 2010 (2010), fungsi statistik diperlukan untuk mengolah data yang berbentuk angka. Adanya fungsi statistik jelas mempermudah pengerjaan, perhitungan serta analisis datanya.

Secara garis besar, fungsi statistik atau statistical function dimanfaatkan untuk menghitung data, supaya tidak perlu memasukkan rumus secara manual. Hanya dengan menulis rumus dan memasukkan range data, hasil perhitungan akan muncul.

Baca juga: Arsitektur Komputer: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Bagiannya

Berikut beberapa fungsi statistik yang ada di microsoft excel:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Fungsi AVERAGE
    Jenis fungsi statistik ini digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu range bilangan atau data numerik yang ada. Berikut rumus fungsinya:

    =Average(range data)
    Range data ini merujuk pada range mana saja yang akan dihitung rata-ratanya.

    Contoh penggunaan fungsi AVERAGE:

Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRI Fungsi average dalam Microsoft Excel

  • Fungsi SUM
    Mengutip dari buku Fungsi Statistika untuk Menganalisis Data (2019) karangan Adi Kusrianto, fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data numerik atau angkanya. Berikut rumus fungsinya:

    =SUM(range data)

Halaman:

25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X