Kompas.com - 22/06/2021, 11:20 WIB

KOMPAS.com - Negosiasi adalah proses tawar-menawar antar satu pihak dengan pihak lainnya untuk mendapatkan kesepakatan.

Beberapa orang merasa takut bernegosiasi karena dinilai dapat memicu keributan, padahal negosiasi sebenarnya adalah suatu keterampilan komunikasi yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Negosiasi seringkali dianggap sebagai hal yang menakutkan, terutama jika yang dihadapi adalah orang dengan kekuatan yang lebih besar.

Misalnya murid akan merasa takut untuk bernegosiasi dengan guru. Rasa takut akan dimarahi maupun rasa takut tidak sopan jika harus bernegosiasi dengan guru.

Dilansir dari Program on Negitiation Harvard Law School, negosiasi dapat membantu membuat kesepakatan, memecahkan masalah, mengelola konflik, membangun hubungan yang baik, serta tetap menjaga hubungan baik tersebut.

Baca juga: Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya

Dilansir dari Harvard Business Review, dalam negosiasi sangat penting untuk memahami apa yang penting bagi kita dan apa yang penting bagi pihak lain. Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat memberikan penawaran yang menguntungkan bagi kita namun tetap tidak menyepelekan kepentingan orang lain.

Dalam negosiasi terutama dengan orang yang lebih kuat atau lebih berkuasa, penting sekali agar tidak terpengaruh dengan nada negatif yang dikeluarkan orang tersebut.

Jika orang tersebut memberikan nada negatif atau nada tinggi, jangan menirunya dan tetaplah fokus dalam negosiasi.

Negosiasi yang baik adalah negosiasi yang menghasilkan solusi yang sama-sama baik bagi kedua belah pihak (win-win solution).

Contoh teks negosiasi

Contoh teks negosiasi singkat antara guru dan salah satu siswanya tentang pengumpulan tugas, yaitu: 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.