Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Kompas.com - 04/06/2021, 20:01 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teks prosedur adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia yang banyak ditemui di kehidupan sehari-hari. Misalnya teks prosedur yang menjelaskan cara untuk melakukan sesuatu seperti cara memasak maupun menjahit.

Adapun teks prosedur kompleks adalah teks berisi banyak langkah beserta penjelasannya untuk mencapai suatu tujuan. Dilansir dari Notes Read, teks prosedur kompleks berisikan informasi serta pernyataan yang menunjukan kompleksitas penjelasan.

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks tidak bisa dibuat secara asal-asalan namun harus menuruti kaidah kebahasaannya.

Menurut kaidah kebahasaan, teks prosedur kompleks mengandung kalimat partisipasi manusia secara umum, kata kerja imperatif, konjungsi temporal, verba material, dan verba tingkah laku.

Baca juga: Contoh Teks Persuasi Beserta Strukturnya

Berikut sayarat dan pilihan kata yang tepat dalam teks prosedur kompleks: 

  • Kalimat partisipan manusia

Teks prosedur kompleks harus menggunakan kalimat partisipan manusia. Kalimat tersebut berarti manusia yang membaca berhubungan langsung dengan prosedur yang dituliskan.

Kalimat partisipan manusia biasanya menggunakan kata seperti anda, kamu, kita, atau kata ganti yang ditujukan untuk manusia seperti penggugat, penanggung jawab, pelapor, pemain, dan pengendara.

  • Kata kerja imperatif

Dilansir dari Thought Co, kalimat imperatif adalah kalimat yang mengandung instruksi atau mengungkapkan perintah untuk melakukan sesuatu. Kata kerja imperatif bersifat direktif atau memberikan arahan kepada seseorang yang membacanya.

Kata kerja imperatif menggunakan kata perintah ataupun kata kerja yang ditambah dengan imbuhan akhir –lah. Misalnya bawalah, ikutilah, tutup pintunya, keluarlah, cepat bawa, angkat tangan, berbeloklah, datanglah, pulanglah, dan pastikan.

Baca juga: Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

  • Verba material

Verba material dalam bahasa Indonesia adalah kata kerja yang berkenaan dengan tindakan fisik. Misalnya mendorong, menendang, mencium, memperhatikan, mengeringkan, menuliskan, menunjukkan, menunggu, mengambil, menyetir, dan menyerahkan.

  • Verba tingkah laku

Verba tingkah laku dalam bahasa Indonesia adalah kata kerja yang berkenaan dengan sikap seseorang. Misalnya menolak, menerima, merasa, merasakan, yakin, ragu, skeptis, dan memahami.

  • Kalimat deklaratif

Kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi pernyataan, memberikan fakta, penjelasan, atau menyampaikan informasi. Kalimat deklaratif sangat penting dalam teks prosedur kompleks untuk menjelaskan langkah-langkah di dalamnya.

Contoh kalimat deklaratif adalah formulir pembuatan paspor dapat diakses secara online, pas foto harus berlatarkan warna merah, bank dibuka pada pukul delapan, pemutih dapat menyebabkan tekstur pakaian rusak, tombol merah berfungsi untuk mematikan alat, dan sebagainya.

  • Konjungsi temporal

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, konjungsi temporal adalah kata hubung yang berhubungan dengan waktu. Dalam teks prosedur kompleks, konjungai temporal berfungsi untuk mengurutkan langkah-langkah.

Baca juga: Cara Menyeleksi Ragam Informasi Teks Editorial

Contoh konjungsi temporal adalah kemudian, lalu, selanjutnya, setelah, saat, ketika, sewaktu, jika, bila, sementara, sambil, pertama, kedua, ketiga, seraya, tatkala, semenjak, sejak, sesudah itu, kemudian, sebelum, seterusnya, hingga, dan berikutnya.

  • Bilangan penanda

Teks prosedur kompleks biasanya menggunakan bilangan penanda untuk memperjelas tahapan langkah yang harus dilakukan. Misalnya menggunakan bilangan bulat seperti 1,2, dan 3, menggunakan angka romawi seperti I, II, II, dan IV, ataupun menggunakan alfabet seperti a, b, c, dan d.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com