Kompas.com - 23/06/2021, 13:00 WIB
Sejumlah warga melihat rumah yang hampir amblas akibat erosi sungai di Desa Meutulang, Kecamatan Pantoe Reu, Aceh Barat, Aceh, Selasa (19/11/2019). Dampak banjir yang terjadi di Kabupaten setempat mengakibatkan amblasnya tebing sungai sepanjang 150 meter pada Sabtu (16/11). ANTARA FOTO/SYIFA YULINNASSejumlah warga melihat rumah yang hampir amblas akibat erosi sungai di Desa Meutulang, Kecamatan Pantoe Reu, Aceh Barat, Aceh, Selasa (19/11/2019). Dampak banjir yang terjadi di Kabupaten setempat mengakibatkan amblasnya tebing sungai sepanjang 150 meter pada Sabtu (16/11).

KOMPAS.com - Erosi adalah proses geologi berupa pengikisan lapisan tanah oleh berbagai faktor alam.

Tanah yang terdapat di permukaan bumi merupakan hasil erosi dan pelapukan batuan selama jutaan tahun.

Erosi dibedakan menjadi beberapa jenis, berantung pada faktor penyebabnya. Berikut adalah jenis-jenis erosi beserta penjelasan penyebabnya:

  • Ablasi

Ablasi atau erosi yang disebabkan oleh air adalah faktor utama terjadinya erosi di bumi. Ablasi digolongkan kembali menjadi beberapa jenis sesuai dengan asal air yang menyebabkannya misalnya erosi oleh air hujan, air sungai, air laut.

Air hujan yang turun menyebabkan erosi membawa partikel-partikel di atas permukaan tanah mengalir mengikuti gaya gravitasi.

Baca juga: Erosi: Jenis, Faktor Penyebab dan Prosesnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Air sungai menyebabkan erosi pada tanah dan batuan di sepanjang aliran sungai. Hal tersebut membuat aliran sungai semakin lama akan semakin luas dan mengikis daerah sekitarnya.

Air merupakan agen erosi yang sangat kuat karena dapat memindahkan partikel besar dalam jumlah yang banyak.

Namun erosi ai laut jauh lebih kuat dibandingkan erosi lainnya. Dilansir dari National Geographic, gelombang dan arus dapat membawa pasir menjaduh dari pantai dan memindahkan garis pantai lebih jauh ke daratan.

Terkikisnya garis pantai menyebabkan penyempitan wilayah hidup manusia di daerah pesisir. Erosi air laut jika tidak dihentikan oleh keberdaan vegetasi akan terus-menerus mengikis siatu pulau hingga habis.

  • Abrasi batuan oleh partikel yang di bawa angingeo.fu-berlin.de Abrasi batuan oleh partikel yang di bawa angin
    Deflasi

Jenis erosi yang terjadi karena hembusan angin yang membawa butiran pasir disebut deflasi.

Halaman:

25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X