Kompas.com - 23/06/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi langkah-langkah instal komputer freepik.com/pch.vectorIlustrasi langkah-langkah instal komputer

KOMPAS.com - Sebelum digunakan, komputer harus dirakit serta dilakukan instalasi terlebih dahulu. Tujuannya agar kinerja komputer dapat berjalan dengan baik.

Karena apabila tidak dilakukan dengan baik, sistem kerja komputer dapat terganggu atau kurang maksimal.

Perakitan dan instalasi komputer adalah dua hal yang berbeda. Perakitan lebih mengarah pada penyusunan komponen komputer, seperti monitor, CPU, mouse, keyboard, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk menginstal komputer kita perlu menyiapkan sistem operasi komputer yang mengacu pada pemasangan software. 

Ada beberapa software (perangkat lunak) yang sering digunakan dalam instalasi komputer. Salah satunya software sistem operasi. Tanpa software ini, komputer tidak bisa berjalan dengan baik atau tidak bisa digunakan.

Baca juga: Komponen Komputer: Input, Output, Processing dan Storage Device

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Fery Indayudha dalam buku Jago Merakit dan Memperbaiki Komputer (2009), sistem operasi menjadi penghubung antara pengguna komputer dengan hardware (perangkat keras).

Sistem ini diperlukan agar seluruh aplikasi yang ada di komputer dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Langkah-langkah menginstal komputer

Sebelum menginstal komputer, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Apa sajakah itu?

  • Cek semua kelengkapan hardware

Setelah dirakit, pengguna komputer harus memastikan jika seluruh komponen hardware sudah lengkap. Mulai dari monitor hingga CPU. Komponen hardware ini juga termasuk perlengkapan pendukung yang mungkin dibutuhkan, misalnya speaker, printer, mikrofon dan lain sebagainya.

  • Ketahui spesifikasi komputer

Dalam buku Panduan Lengkap Komputer: PC, Laptop, Tablet (2012) karangan Duwi Priyatno, disebutkan jika sebelum menginstal komputer, penggunanya harus mencari tahu terlebih dahulu spesifikasi komputernya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X