Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Manfaat Komputer di Berbagai Bidang

Kompas.com - 18/09/2023, 03:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dalam kehidupan manusia sekarang ini, sepertinya sudah tidak bisa terlepas dari teknologi informasi, salah satunya adalah komputer.

Perkembangan teknologi komputer yang begitu pesat, tentu memberi banyak manfaat dalam berbagai bidang, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Memangnya apa saja manfaat komputer?

Nah, sebelum mengetahui manfaatnya, kita harus mengetahui dahulu mengenai komputer. Berikut penjelasan mengenai komputer dan manfaatnya dalam berbagai bidang:

Baca juga: Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa ke Masa

Pengertian komputer

Komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia.

Pada awalnya, komputer memang diciptakan sebagai sebuah alat hitung yang dapat membantu mempermudah perhitungan.

Namun, seiring berjalannya waktu, komputer yang semakin canggih tentu menjadi alat serba bisa yang dapat membantu penggunanya dalam berbagai hal.

Dalam mewujudkan konsep sebagai alat pengolah data, maka terdapat sistem dalam komputer yang terdiri dari hardware, software, dan brainware.

Ketiga sistem tersebut saling terikat dan saling berhubungan antar satu dengan yang lain membentuk kesatuan, sehingga komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca juga: Prinsip dan Cara Kerja Komputer

Manfaat komputer

Komputer yang semula sekadar untuk membantu memecahkan operasi hitung-hitungan rumit, kini bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Keberadaan komputer memang sangat dibutuhkan dalam membantu segala kegiatan sehari-hari, sebab komputer memiliki segudang manfaat bagi penggunanya.

Namun, komputer juga diibaratkan seperti dua mata koin. Di balik segudang manfaatnya ternyata juga dapat memberi dampak negatif bagi penggunanya. Maka dari itu, kita harus memaksimalkan teknologi komputer agar dapat merasakan manfaatnya.

Adapun manfaat-manfaat komputer adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sarana komunikasi

Dengan berkembangnya kemajuan teknologi informasi, kini kita dapat berkomunikasi dengan jarak yang jauh dengan cepat dan tentunya sangat praktis.

Komputer sebagai sarana komunikasi menjadi sebuah alat yang dapat memfasilitasi kemudahan komunikasi antar satu orang dengan orang yang lain, tanpa batas ruang dan waktu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com