Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Olahraga atau Olah Raga, Mana Penulisan yang Tepat?

Kompas.com - 27/04/2023, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kata "olahraga" banyak kita jumpai dalam keseharian, baik untuk menyatakan aktivitas atau jenis kegiatan fisik tertentu.

Walau istilah ini banyak digunakan dalam bahasa Indonesia, masih ada beberapa pihak yang salah menuliskan kata "olahraga".

Menurutmu, bagaimana penulisan olahraga yang tepat? Olahraga atau olah raga?

Olahraga atau olah raga

Kata "olahraga" dan "olah raga" memiliki pelafalan yang sama. Hanya saja penulisannya berbeda, yang satu dipisah dan satunya lagi ditulis serangkai.

Jika kita mencari kata "olah raga" dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, penelusuran akan mengarah pada kata "olahraga".

Baca juga: Kerja Sama atau Kerjasama, Mana Penulisan yang Tepat?

Sebab, kata "olah raga" tidaklah baku. Dengan demikian, kata baku olahraga adalah olahraga.

Menurut KBBI, olahraga adalah aktivitas, baik itu gerak badan atau kegiatan, yang membutuhkan ketangkasan, kemahiran, atau tenaga.

Gerak badan ini dilakukan untuk menguatkan juga menyehatkan tubuh, dan sebagai acara permainan, pertandingan, atau lainnya.

Olahraga juga bisa diartikan sebagai aktivitas yang melibatkan fisik serta keterampilan individu, yang dilakukan sebagai hiburan.

Dikutip dari buku Teori Belajar Motorik (2023) oleh Aria Kusuma dkk, olahraga adalah serangkaian gerak fisik yang teratur dan terencana.

Kegiatan ini dilakukan untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas hidup seseorang, dan memelihara kemampuan gerak.

Baca juga: Bagaimana Penulisan Ramadhan yang Benar?

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa olahraga adalah kegiatan fisik yang membutuhkan keahlian, tenaga, juga ketangkasan.

Jika penulisan olahraga dipisah, tentu maknanya akan berbeda. Karena kata "olah" dan "raga" memiliki pengertian masing-masing.

Kata "olah" berarti perbuatan atau ulah. Sedangkan "raga" artinya tubuh. Jika pengertian keduanya digabung, kata "olah raga" bisa diartikan sebagai perbuatan tubuh.

Oleh karena itu, penulisan olahraga harus disambung. Kesimpulannya, menurut KBBI, penulisan olahraga yang tepat adalah ditulis serangkai (olahraga).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com