Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenampakan Alam di Wilayah Perairan

Kompas.com - 15/12/2022, 15:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Permukaan bumi memiliki berbagai macam kenampakan alam. Kenampakan alam berbeda-beda pada wilayah perairan dan daratan. Apa saja kenampakan alam di wilayah perairan? Berikut adalah penjelasannya!

Perairan adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang ditutupi oleh kumpulan massa air tertantu. Ada berbagai jenis kenampakan alam di wilayah perairan. Kenampakan alam di wilayah perairan di antaranya adalah:

  • Sungai
  • Danau
  • Muara
  • Laut
  • Samudra
  • Rawa
  • Palung
  • Gletser

Baca juga: Jenis-Jenis Kenampakan Alam Wilayah Daratan

Sungai

Jenis kenampakan alam di wilayah perairan yang pertama adalah sungai. Sungai adalah badan air yang memanjang dan mengalir dari daratan yang lebih tinggi ke daratan yang lebih rendah karena adanya gaya gravitasi.

Danau

Danau adalah kenampakan alam wilayah perairan berupa badan air dalam suatu cekungan besar pada permukaan bumi yang dikeliling oleh daratan.

Ada jutaan danau di bumi dengan ketinggian, luas, kedalaman, dan jenis air yang berbeda-beda.

Muara

Muara adalah kenampakan alam di wilayah perairan berupa wilayah di mana bertemunya sungai dengan badan air lain seperti laut, bendungan, danau, rawa, maupun sungai lainnya.

Baca juga: Apa Saja Kenampakan Alam di Indonesia?

Laut

Dilansir dari NOAA's National Ocean Service, laut adalah badai air asin yang lebih kecil dan lebih dangkal dari samudra, sebagian wilayahnya tertutup dengan daratan, juga terletak antara daratan dan samudra.

Samudra

Kenampakan alam di wilayah perairan selanjutnya adalah samudra. Samudra adalah badan air asin besar yang menutupi sebagian besar permukaan bumi.

Adapun, samudra dibagi menjadi lima yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Arktik, dan Samudra Antartika.

Baca juga: Klasifikasi Rawa Berdasarkan Jenis Air, Lokasi, dan Vegetasinya

Rawa

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, rawa adalah lahan basah yang terbentuk dari tanah mineral dengan drainase yang buruk dan suplai air cukup sehingga tanahnya tergenang air.

Rawa dipenuhi oleh tumbuhan seperti pepohonan dan juga rerumputan dan dapat ditemukan di seluruh dunia.

Palung

Jenis kenampakan alam di wilayah perairan selanjutnya adalah palung. Palung adalah celah sempit di dasar laut yang merupakan bagian terdalam dari samudra. Palung terbentuk secara alami karena aktivitas lempeng tektonik.

Baca juga: 7 Palung Terdalam di Dunia

Gletser

Gletser adalah jenis kenampakan alam di wilayah perairan yang ditemukan pada daerah dingin.

Dilansir dari National Geographic, gletser adalah massa es yang besar juga tebal dan terbentuk saat salju yang turun ke daratan terkompresi menjadi es selama berabad-abad.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com