Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Palung Terdalam di Dunia

Kompas.com - 15/01/2022, 14:02 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comPalung adalah cekungan di dasar laut yang terbentuk dari aktivitas lempeng tektonik. Palung memiliki cekungan yang sempit, namun sangat panjang sehingga menjadi bagian terdalam di laut.

Apa nama palung terdalam di dunia? Nama palung terdalam di dunia adalah Palung Mariana. Berikut adalah palung terdalam di dunia!

Palung Mariana

Palung Mariana menduduki peringkat pertama palung terdalam di dunia. Artinya, Palung Mariana adalah lokasi terdalam di seluruh permukaan Bumi.

Secara Geografis, Palung Mariana terletak di Samudra Pasifik dekat dengan Pulau Guam. Palung Mariana terbentuk karena tabrakan antar lempeng Pasifik dan lempeng Filipina yang lebih kecil.

Baca juga: Teori Lempeng Tektonik

Dilansir dari National Geographic, Palung Mariana memiliki kedalaman berkisar 11.034 meter atau sekitar 7 mil. Artinya, jarak kedalaman Palung Mariana lebih besar 2.133 meter daripada jarak ketinggian Gunung Everest (puncak tertinggi di dunia).

Palung Tonga

Menyusul Palung Mariana, Palung Tonga menduduki peringkat kedua palung terdalam di dunia. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, Palung Tonga memiliki kedalaman sekitar 10.882 meter.

Palung Tonga terletak di Samudra Pasifik dan terbentuk karena pertemuan lempeng Pasifik dengan lempeng Tonga yang lebih kecil.

Palung Kuril-Kamachatka

Palung terdalam di dunia selanjutnya adalah Palung Kuril-Kamachatka yang terletak di Kepulauan Kuril dan Laut Kamachatkan, sebelah barat Samudra Pasifik. Palung ini menghujam sedalam 10.542 meter.

Palung Kuril-Kamachatka terbentuk dari zona subduksi pertemuan lempeng Pasifik dan lempeng Okhotsk yang lebih kecil.

Baca juga: Lempeng Tektonik dan Jenisnya di Indonesia

Palung Filipina

Di peringkat keempat palung terdalam dunia, terdapat Palung Filipina. Falung Filipina terletak di sebelah timur Filipina dan memiliki kedalaman sekitar 10.540 meter.

Palung Filipina terbentuk dari zona subduksi yang sama seperti Palung Mariana. Yaitu, zona bertemunya lempeng Pasifik yang besar dengan lempeng Filipina yang lebih kecil.

Palung Kermadec

Dilansir dari NOAA Ocean Exploration, Lempeng Kermadec membentang ke timur laut dari Pulau Utara Selandia Baru ke Rantai Gunung Laut Louisville. Palung Kermadec yang terbentuk dari pertemuan Lempeng Pasifik dan Lempeng Indo-Australia ini memiliki kedalaman sekitar 10.047 meter.

Baca juga: Fakta Unik Palung Mariana, Palung Terdalam di Dunia

Palung Izu Ogasawara

Menduduki peringkat keenam palung terdalam di dunia adalah Palung Izu-Ogasawara. Palung sedalam 9.780 meter ini terletak di bagian barat Samudra Pasifik, dekat dengan Jepang.

Sama seperti Palung Filipinda dan Palung Mariana, Palung Izu-Ogasawara juga terbentuk dari pertemuan antara Lempeng Pasifik dan Lempeng Filipina.

Palung Puerto Rico

Palung Puerto Rico menduduki peringkat ketujung palung palim dalam di dunia, sekaligus tempat paling dalam di Samudra Atlantik.

Dilansir dari National Geographic, Palung Puerto Rico terletak di utara Persemakmuran Puerto Rico, memisahkan Samudra Atlantik dengan Laut Karibia.

Lempeng sedalam 8. 400 meter ini terbentuk dari pertemuan lempeng Amerika Utara dengan lempeng Karibia yang lebih kecil.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com