Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Pengaruh Kenampakan Alam dengan Mata Pencaharian Penduduk Sekitar?

Kompas.com - 11/11/2021, 14:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comKenampakan alam adalah bentuk permukaan bumi pada suatu daerah. Kenampakan alam memiliki banyak bentuk yang terbagi menjadi daratan dan perairan. Adakah pengaruh kenampakan alam dengan mata pencaharian penduduk di sekitarnya?

Jawabannya adalah ada, kenampakan alam berpengaruh besar pada mata pencaharian penduduk.

Kenampakan alam menyediakan berbagai sumber daya sebagai sumber mata pencaharian penduduk. Berikut adalah penjelasan dan contoh kenampakan alam yang berpengaruh pada mata pencaharian penduduk sekitar:

Laut

Laut adalah kenampakan alam yang sangat luas, sekitar 70 persen dari luas daratan di bumi. Laut memengaruhi mata pencaharian penduduk di sekitarnya. Tanah disekitar laut tidaklah subur, sehingga penduduk tidak bisa bertani atau berkebun.

Pilihan mereka adalah memanfaatkan sumber daya laut sebagai mata pencaharian. Sehingga, kebanyakan penduduknya berprofesi sebagai nelayan, pengrajin kerajinan laut, pembudidaya hasil laut, dan juga pengolah makanan laut.

Baca juga: Adakah Perbedaan Wirausaha dengan Profesi Pekerjaan Lainnya?

Dilansir dari United Nations Development Programme, lebih dari tiga miliar orang bergantung pada keanekaragaman hayati laut dan pesisir untuk mata pencaharian mereka.

Penduduk di sekitar laut dan pantai memanfaatkan laut untuk mendapatkan rumput laut, ikan, udang, gurita, kerang, dan hewan laut lainnya untuk diperjualbelikan.

Dataran tinggi

Dataran tinggi adalah salah satu kenampakan alam berupa permukaan bumi dengan ketinggian di atas 700 meter. Dataran tinggi memiliki suhu yang dingin dan lahan yang subur, yang cocok untuk bercocok tanam.

Sehingga kebanyakan penduduk di dataran tinggi, memiliki mata pencaharian dari kegiatan bertani dan juga berkebun.

Hutan

Hutan merupakan kenampakan alam yang berisi vegatasi lebat juga pepohonan. Mengutip dari Food and Agriculture Organization of the United Nations, sekitar 1,6 miliar orang (lebih dari 25 persen populasi dunia) bergantung pada hutan sebagai mata pencaharian mereka.

Penduduk di sekitar hutan dan di dalam hutan memanfaatkan sumber daya dalam hutan sebagai mata pencaharian untuk mendapatkan uang. Contoh pemanfaatkan hutan sebagai mata pencaharian adalah mengambil kayu, tanaman obat, buah-buahan, karet, nira, madu hutan, hingga berburu hewan untuk kemudian dijual.

Baca juga: Mengenal Profesi Perajin Cendera Mata dari Bahan Barang Bekas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com