Kompas.com - 25/10/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi pengrajijn cinderamata dari bahan bekas freepik.comIlustrasi pengrajijn cinderamata dari bahan bekas

KOMPAS.com - Perajin cendera mata merupakan salah satu profesi yang banyak ditekuni masyarakat. Pekerjaan utamanya ialah membuat cendera mata atau kenang-kenangan dari berbagai bahan untuk kemudian dijual.

Ada banyak bahan yang bisa digunakan oleh perajin cendera mata. Salah satunya dari bahan barang bekas. Artinya perajin memanfaatkan dan menggunakan bahan barang bekas untuk dibuat jadi cendera mata yang unik dan menarik.

Perajin cendera mata dari bahan barang bekas

Menurut Effy Indratmo dan Amir Gozali dalam jurnal Pengembangan Model Cinderamata Etnik dengan Muatan Kearifan Lokal Candi Sukuh (2015), cendera mata menjadi salah satu mata pencarian masyarakat, khususnya di daerah wisata.

Semakin banyak cendera mata yang terjual dan dibeli, maka penghasilan perajin atau penjualnya akan semakin banyak.

Agar bisa menjadi seorang perajin cendera mata, ada beberapa hal yang harus dimiliki, yakni kreativitas, kemampuan untuk mengolah berbagai bahan menjadi cendera mata yang menarik, kemauan, tekad, dan selalu berusaha.

Baca juga: Mengenal Profesi Seorang Pendongeng

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sama halnya dengan perajin cendera mata dari bahan barang bekas. Perajin harus memiliki kreativitas untuk membuat cendera mata yang unik dan menarik, sehingga membuat orang ingin membelinya.

Bahan barang bekas yang bisa diolah jadi cendera mata

Perajin cendera mata dari bahan barang bekas memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai, namun bisa diolah menjadi suatu hal baru yang unik dan menghasilkan uang.

Mengutip dari buku Pariwisata & Budaya: Bunga Rampai Kajian Antropologi Kepariwisataan di Jawa Timur (2021) oleh Nindyo B. Kumoro dan kawan-kawan, ada beberapa bahan barang bekas yang bisa diolah menjadi cendera mata, yakni kaleng, botol, kardus, kertas, dan plastik.

Apa yang harus diperhatikan oleh perajin cendera mata dari bahan barang bekas?

Sebagian masyarakat berpikir jika barang bekas merupakan sampah yang tidak bisa diolah kembali. Barang bekas sudah tidak layak digunakan dan memang seharusnya dibuang. Padahal sebenarnya, bisa diolah kembali lewat beberapa proses.

Inilah hal pertama yang harus diperhatikan oleh perajin cendera mata dari bahan barang bekas. Mereka harus mampu memikirkan ide pengolahan cendera mata dari barang bekas.

Selain ide, pengenalan terhadap bahan barang bekas yang akan digunakan juga penting. Tujuannya supaya perajin mengenal karakteristik bahan dan lebih mudah mengolahnya.

Baca juga: Mengenal Damar Kurung, Karya Seni Pelita dari Gresik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.