Kompas.com - 11/11/2021, 12:00 WIB
Ilustrasi mengajarkan wirausaha pada anak sejak dini freepik.com/brgfxIlustrasi mengajarkan wirausaha pada anak sejak dini

KOMPAS.comWirausaha adalah suatu kegiatan usaha yang didirikan oleh diri sendiri. Wirausaha tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Sebutkan manfaat melakukan wirausaha sejak kecil?

Manfaat belajar wirausaha sejak kecil

Berikut adalah manfaat dan penejelasannya:

Menumbuhkan jiwa wirausaha

Banyak orang yang tidak berani melakukan wirausaha karena takut gagal. Melakukan wirausaha sejak kecil bermanfaat untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dan memberanikan seorang anak untuk mengambil resiko kegagalan.

Dilansir dari Forbes, jiwa wirausaha adalah pola pikir yang secara aktif mencari perubahan daripada menunggu untuk beradaptasi. Sehingga, melakukan wirausaha membuat seorang anak berpikir dan bertindak selayaknya wirausaha.

Baca juga: Adakah Pengaruh Wirausaha terhadap Perkembangan Sosial dan Budaya?

Menumbuhkan rasa tanggung jawab

Melakukan wirausaha sejak kecil dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak. Wirausaha merupakan usaha yang didirikan sendiri, di mana seorang wirausaha menentukan berhasil atau gagalnya suatu usaha.

Seorang anak yang berwirausaha memiliki tanggung jawab dan kesadaran untuk membuat usaha tersebut sukses. Dan apabila gagal, anak akan belajar dari kesalahannya juga kesulitan dari berwirausaha.

Lebih menghargai uang

Mengutip dari Entrepreneur, salah satu manfaat terbesar dari mengarkan anak-anak tentang kewirausahaan adalah tumbuhnya rasa hormat terhadap uang. Wirausaha akan mengajarkan bahwa mencari uang bukanlah hal yang mudah.

Sehingga, anak-anak lebih menghargai uang yang dimilikinya maupun diberikan orang lain. Penghargaan terhadap uang juga dapat membuat seorang anak bersikap hemat dan terhindar dari sifat konsumtif juga boros.

Baca juga: Ciri-Ciri Wirausaha

Meningkatkan keterampilan

Melakukan wirausaha sejak kecil, dapat membantu untuk meningkatkan keterampilan dan mengasah potensi anak. Wirausaha mengajarkan berbagai keterampilan yang sangat berguna untuk perkembangan anak dan bekalnya di masa mendatang.

Melansir dari Harvard Business Review, melakukan wirausaha membuat anak lebih pandai dalam berkomunikasi, lebih fleksibel dan mudah beradaptasi, berani mengambil resiko dengan cerdas, pantang menyerah dalam menghadapi kegagalan, dan juga menjadikan mereka sebagai pemecah masalah juga pencari peluang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.