Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Pekerja Jasa?

Kompas.com - 31/03/2022, 08:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Jasa adalah produk yang tidak berwujud. Dikatakan demikian karena tidak ada barang yang diperjualbelikan secara nyata.

Sama pentingnya seperti barang yang berwujud, jasa juga sangat penting bagi manusia. Jika tidak ada pelayanan atau jasa, kebutuhan manusia tidak akan terpenuhi.

Apa yang dimaksud dengan pekerja jasa? Sebutkan contohnya!

Pekerja jasa adalah orang-orang yang memberi pelayanan kepada orang lain, sesuai keahlian dan keterampilan yang dimilikinya.

Contoh pekerja jasa adalah dokter, guru, penjahit, arsitek, dan masih banyak lagi.

Agar lebih memahaminya, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Pengertian pekerja jasa

Pengertian pekerja jasa bisa dipahami dari kata 'pekerja' dan 'jasa'.

Dikutip dari jurnal Peran Serikat Pekerja dalam Penyelesaian Perselisihan Pemutusan Hubungan Kerja (2013) oleh Tanti Kirana Utami, pekerja adalah tiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan.

Baca juga: Contoh Kegiatan Jual Beli Terkait Barang dan Jasa di Lingkungan Sekitar

Sementara pengertian jasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perbuatan yang memberikan segala sesuatu yang diperlukan orang lain.

Jasa juga bisa diartikan sebagai aktivitas, kemudahan, manfaat, dan sebagainya yang bisa dijual kepada orang lain, dalam hal ini konsumen, yang menggunakan atau menikmatinya.

Dengan demikian, pekerja jasa adalah orang yang bekerja dengan memberikan segala sesuatu yang diperlukan orang lain, baik berupa aktivitas, kemudahan, atau manfaat, dan menerima upah atau imbalan atas hasil kerjanya tersebut.

Contoh pekerja jasa

Dilansir dari buku Sosiologi Industri dan Pekerjaan (2021) karya Antonius Purwanto, beberapa contoh pekerja jasa adalah penyemir sepatu, tukang potong rambut, dan jasa perbaikan peralatan rumah tangga.

Selain itu, contoh pekerja jasa lainnya adalah:

  • Dokter

Dokter menggunakan ilmu yang dipelajari dan dimilikinya untuk mengobati dan menyembuhkan pasien yang sakit. Beberapa jasa yang diberikan dokter adalah perawatan dan pemberian informasi mengenai penyakit.

  • Guru

Pengajaran dan penyaluran ilmu merupakan bentuk jasa yang diberikan guru kepada siswa.

Baca juga: Apa Maksud dari Produksi dan Produsen?

  • Penjahit

Beberapa jasa yang diberikan penjahit adalah keterampilan menjahit baju supaya terlihat bagus dan bisa digunakan orang lain.

  • Arsitek

Jasa yang diberikan seorang arsitek adalah keahliannya dalam merancang serta menggambar bangunan, seperti gedung, rumah, jembatan, dan lain-lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com