Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan antara Lingkungan dan Manusia

Kompas.com - 30/03/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Lingkungan dan manusia tidak bisa dipisahkan. Lingkungan membutuhkan manusia, dan manusia membutuhkan lingkungan.

Pada dasarnya, lingkungan memberi manfaat untuk seluruh makhluk hidup. Tidak hanya bagi manusia, tetapi juga tumbuhan dan hewan.

Dikutip dari buku Toksikologi Lingkungan (2015) karya Dantje T. Sembel, lingkungan bisa diartikan sebagai ruang lingkup, masyarakat, atau alam sekitar.

Lingkungan adalah segala sesuatu yang memengaruhi kehidupan makhluk hidup secara bersama-sama.

Apakah lingkungan hanya bermanfaat bagi manusia? Mengapa?

Tidak. Lingkungan tidak hanya bermanfaat bagi manusia, tetapi juga untuk tumbuhan dan hewan.

Tanpa lingkungan, tumbuhan dan hewan tidak akan bisa bertahan hidup. Ketika terjadi perubahan lingkungan, makhluk hidup, terutama hewan dan tumbuhan akan kesulitan mempertahankan hidupnya.

Contohnya tumbuhan dan hewan membutuhkan lingkungan sebagai tempat tinggal, untuk mencari makan, serta bertahan hidup.

Baca juga: Contoh Simbiosis di Lingkungan Alam

Manfaat lingkungan bagi makhluk hidup

Dilansir dari buku Pengetahuan Lingkungan (2021) oleh Efbertias Sitorus, dkk, dari lingkungan, manusia, tumbuhan, dan hewan memperoleh daya atau tenaga.

Tumbuhan, hewan, dan manusia membutuhkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sebagai contoh, hewan mendapatkan makanan dan habitatnya dari lingkungan sekitar. Sementara tumbuhan dapat mempertahankan hidupnya karena ada air, udara, humus, dan zat hara yang juga didapat dari lingkungan sekitarnya.

Bagi makhluk hidup, lingkungan tidak hanya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan makanan dan sebagai tempat tinggal, sebab lingkungan juga bermanfaat sebagai penyedia air, oksigen, serta mikroorganisme.

Air merupakan kebutuhan utama makhluk hidup. Begitu pula oksigen. Tanpa kedua hal ini, makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup.

Begitu pula kehadiran mikroorganisme di lingkungan yang membantu proses penguraian, agar tanah menjadi subur.

Baca juga: Usaha Apa yang Kamu Lakukan Jika di Lingkungan Sekitarmu Ditemukan Polusi Air?

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa lingkungan tidak hanya bermanfaat bagi manusia, tetapi juga untuk hewan dan tumbuhan.

Pada satu sisi, makhluk hidup memang membutuhkan lingkungan untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Namun, di sisi lainnya, lingkungan juga memerlukan makhluk hidup supaya dijaga, dirawat, serta dilestarikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com