Kompas.com - 08/10/2021, 14:09 WIB
Ilustrasi hubungan konsumen (rumah tangga) dan produsen (perusahaan) shutterstock.comIlustrasi hubungan konsumen (rumah tangga) dan produsen (perusahaan)

KOMPAS.com – Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, manusia melakukan jual beli baik barang maupun jasa. Kegiatan jual beli tersebt dapat dikaji dalam ilmu ekonomi. 

Dilansir dari Social Science LibreTexts, ekonomi adalah ilmu sosial yang menilai hubungan antara konsumsi dan produksi barang dan jasa dalam lingkungan sumber daya yang terbatas.

Kegiatan ekonomi yang menghasilkan barang adalah produksi barang yang dapat dilihat, dipegang, dan digunakan. Sedangkan kegiatan ekonomi menghasilkan jasa, berupa produksi jasa atau keahlian manusia. 

Disadur dari Economics Discussions, jasa merupakan setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan kepada orang lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apa pun. Sehingga jasa tidak berbentuk fisik namun bisa dirasakan manfaatnya.  

Baca juga: Pengertian Kegiatan Konsumsi dan Contohnya

Contoh kegiatan jual beli barang

Berikut contoh kegiatan kegitaan jual beli di sekitar kita yang berkaitan dengan barang:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Membeli bahan makanan di pasar

Jual beli bahan makanan di pasar adalah contoh kegiatan jual beli barang di lingkungan sekitar. Di mana penjual menjual barang berupa sayuran, buah-buahan, daging, dan bahan makanan lainnya. Dan pembeli membeli bahan makanan tersebut untuk kemudian dikonsumsi sebagai makanan.

Membeli produk fesyen

Membeli produk fesyen adalah kegiatan jual beli barang. Industri fesyen, melakukan produksi yang menghasilkan barang berupa baju, celana, topi, dan barang fesyen lainnya untuk kemudian dijual kepada konsumen.

Membuat kue untuk dijual

Membuat kueuntuk dijual adalah contoh kegiatan jual beli. Memproduksi kue berarti mengahasilkan produk berupa barang yang bisa dilihat, dirasakan, dimiliki, dan dimakan. Sehingga, membuat kue untuk dijual termasuk ke dalam kegiatan jual beli barang.

Selain tiga kegiatan tersebut, contoh kegiatan lain yang memperjualbelikan barang adalah toko buku, pom bensin, restoran, gerai elektronik, minimarket, supermarket, dan toko penjualan peralatan rumah tangga.

Baca juga: Teori Konsumsi Menurut John Maynard Keynes

Contoh kegiatan jual beli jasa

Berikut contoh kegiatan kegitaan jual beli di sekitar kita yang berkaitan dengan jasa:

Tukang cukur

Tukang cukur merupakan contoh kegiatan jual beli jasa. Di mana tukang cukur memiliki keahlian dalam mencukur dan menata rambut.

Konsumen menggunakan keahlian tukang cukur tersebut untuk memotong rambutnya dan membayar sejumlah uang sebagai imbalannya.

Dokter

Dokter juga merupakan pekerjaan yang menawarkan jasa. Dokter memiliki keahlian mendiagnosis penyakit dan mengobatinya. Masyarakat membutuhkan keahlian tersebut ketika sakit dan membayar sejumlah uang sebagai pemeblian jasa.

Sopir

Sopir memiliki keahlian untuk menyetir kendaraan dan memberikan jasa untuk mengantar seseorang ke tempat tujuan dengan aman. Seorang pengguna layanan sopir, kemudian akan membayar sejumlah uang sesuai dengan jasa yang telah dikeluarkan sopir tersebut.

Baca juga: Apa itu Pasar Barang Konsumsi dan Produksi?

Kurir

Kurir menyediakan jasa untuk mengantarkan barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan aman dan tepat tujuan.

Seseorang yang menggunakan jasa kurir harus membayar sejumlah uang sesuai dengan jenis barang yang diantarkan juga jarak pengantarannya.

Selain empat kegiatan tersebut, contoh jual beli jasa lainnya adalah profesi guru, guru les, tukang kebun, binatu, petugas kebersihan, teknisi, arsitek, dan mekanik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.