Kompas.com - 08/10/2021, 13:45 WIB
Ilustrasi sikap terhadap perbedaan pekerjaan KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi sikap terhadap perbedaan pekerjaan

KOMPAS.com - Pekerjaan setiap orang berbeda. Tidak ada pekerjaan yang jauh lebih baik atau lebih buruk dibanding pekerjaan yang dimiliki. Sudah seharusnya kita bersikap bijak terhadap berbagai jenis pekerjaan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pekerjaan diartikan sebagai pencaharian atau sesuatu yang dilakukan untuk menjadi pokok penghidupan atau untuk mendapatkan nafkah.

Ada banyak pekerjaan yang bisa ditemui di lingkungan sekitar kita. Menurut Muh. Nur dan Asraf dalam buku Pengantar Hukum Bisnis (2020), contoh pekerjaan adalah karyawan pabrik, buruh, kasir, wartawan, pegawai negeri sipil, polisi, dokter, dan masih banyak lagi.

Sikap kita terhadap perbedaan pekerjaan 

Kita harus menyikapi berbagai pekerjaan yang berbeda dengan sikap menghargai dan menghormati. Menghargai berarti tidak merendahkan pekerjaan orang lain. Menghormati berarti menganggap semua pekerjaan itu baik dan penting untuk kehidupan manusia.

Mengutip dari buku Motivasi untuk Kinerja (2020) karya Timotius Duha, sesama manusia hendaknya menghormati pekerjaan yang dimiliki serta milik orang lain.

Sangat penting pula bagi kita untuk tidak bersikap sombong atau merasa kurang percaya diri terhadap berbagai pekerjaan yang berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 10 Jenis Pekerjaan beserta Kegiatannya

Sikap sombong terjadi saat kita merasa pekerjaan atau posisi jabatan yang dimiliki jauh lebih tinggi dibanding orang lain. Sehingga menimbulkan perbuatan semena-mena. Contohnya mengejek teman karena jabatannya jauh lebih rendah, dan lainnya.

Sementara, sikap kurang percaya diri atau minder terjadi ketika kita tahu dan merasa bahwa pekerjaan yang dimiliki tidak sebaik milik orang lain. Padahal seharusnya kita berbangga diri atas pekerjaan dan kerja keras yang dilakukan.

Banyaknya pekerjaan yang berbeda dipengaruhi oleh bakat dan kemampuan manusia yang berbeda. Kedua hal ini melahirkan banyak bidang pekerjaan yang sangat bervariasi, seperti dokter, petani, nelayan, buruh pabrik, penulis, penyiar radio, dan masih banyak lagi.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kita harus bersikap menghormati, menghargai, serta tidak sombong terhadap pekerjaan yang berbeda. Karena setiap pekerjaan itu baik dan penting bagi semua manusia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.