Kompas.com - 08/10/2021, 13:15 WIB
Contoh sikap mengakui persamaan derajat antar sesama manusia freepik.com/yanalyaContoh sikap mengakui persamaan derajat antar sesama manusia

KOMPAS.comSikap mengakui persamaan derajat antarmanusia merupakan penerapan sila kedua Pancasila. Bunyi sila kedua Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab.

Sikap ini berarti antarmanusia saling menghormati, menghargai, serta menjunjung tinggi persamaan martabat dan derajat yang dimiliki manusia.

Dikutip dari situs Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (bpip.go.id), salah satu butir pengamalan sila kedua Pancasila adalah mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi tiap manusia, tanpa membedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit, dan lainnya.

Menurut Hadi Rianto dalam jurnal Implementasi Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab di Lingkungan Sekolah (2016), semua orang memiliki derajat dan hak yang sama untuk menentukan hidupnya.

Tiap manusia juga berhak mendapat perlindungan, memeluk agama, mendapat pekerjaan, menempuh pendidikan, tanpa harus dibedakan berdasarkan warna kulit, agama, ras, suku, dan kelas sosial.

Baca juga: Contoh Penerapan Sila Pertama Pancasila

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contoh sikap mengakui persamaan derajat antarmanusia

Melansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), sikap mengakui persamaan derajat antarmanusia dilakukan dengan menghormati hak, derajat, serta martabat tiap manusia.

Sikap ini hendaknya ditumbuhkan dalam lingkungan pergaulan masyarakat, seperti lingkungan kerja, sekolah, dan di lingkungan sekitar tempat tinggal.

Contoh mengakui persamaan derajat antar sesama manusia yaitu tidak memilih-milih teman hanya karena perbedaan kekayaan, agama, keyakinan, ras, dan suku.

Selain contoh di atas, berikut beberapa contoh sikap mengakui persamaan derajat antarmanusia:

  1. Menghormati hak dan kewajiban yang dimiliki orang lain.
  2. Tidak memberi perlakukan atau sikap yang berbeda kepada teman, keluarga, atau saudara yang memiliki perbedaan suku, ras, dan agama.
  3. Menghargai orang lain dengan tidak melakukan perbuatan semena-mena.
  4. Hidup rukun antar sesama manusia dengan menjunjung tinggi persamaan derajat.
  5. Menolong teman yang kesusahan atau sedang ditimpa musibah.

Baca juga: Contoh Penerapan Sila Kedua Pancasila

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.