Kompas.com - 08/10/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi dampak globalisasi bagi Indonesia freepik.com/vectorjuiceIlustrasi dampak globalisasi bagi Indonesia

KOMPAS.comGlobalisasi memberi dampak positif dan negatif bagi Indonesia. Dampak ini dapat muncul di bidang pendidikan, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan lain sebagainya.

Kehadiran globalisasi menghilangkan batasan-batasan yang ada, sehingga masyarakat seluruh dunia dapat saling terhubung satu sama lain.

Menurut Setyaningsih dalam jurnal Dampak Globalisasi terhadap Moral Generasi Muda (2017), istilah globalisasi berasal dari kata global yang berarti universal.

Globalisasi adalah proses antarindividu, antarkelompok, serta antarnegara yang saling terhubung, berinteraksi, tergantung, berkaitan, dan saling memengaruhi satu sama lain.

Globalisasi juga sering dipandang sebagai perubahan sosial yang mengakibatkan perkembangan teknologi.

Baca juga: Pengaruh Globalisasi bagi Budaya Daerah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dampak positif globalisasi bagi Indonesia

Mengutip dari jurnal Dampak Pengaruh Globalisasi bagi Kehidupan Bangsa Indonesia (2015) karya Nurhaidah dan M. Insya Musa, globalisasi memberi dampak positif bagi Indonesia. Salah satunya peningkatan taraf hidup masyarakat.

Berikut beberapa dampak positif globalisasi bagi Indonesia:

  • Adanya perubahan tata nilai dan sikap

Globalisasi menimbulkan pergeseran atau perubahan nilai dan sikap di masyarakat ke arah yang lebih positif.

  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Globalisasi menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi yang jauh lebih modern dan semakin mudah digunakan masyarakat.

Baca juga: Mengapa Kerja Sama Antarnegara Diperlukan pada Era Globalisasi?

  • Meningkatnya taraf kehidupan masyarakat

Dampak positif lain globalisasi bagi Indonesia adalah meningkatnya taraf kehidupan masyarakat. Tidak hanya dari segi kemudahan penggunaan teknologi, tetapi juga dari sisi lapangan pekerjaan yang semakin terbuka luas dengan adanya globalisasi.

  • Mengubah etos kerja dan pemikiran masyarakat

Dengan globalisasi, etos kerja dan pemikiran masyarakat mulai berubah. Contohnya sikap disiplin, menghargai waktu, berpikir positif, rajin bekerja, bersikap rasional serta sportif, dan lainnya.

Apakah globalisasi berdampak positif bagi Indonesia?

Ya, globalisasi memberi dampak positif bagi Indonesia. Dampak positif ini memberi manfaat dan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan berbagai aktivitas.

Contohnya kemajuan teknologi yang memudahkan warga Indonesia untuk bekerja dan bersekolah. Sehingga apa yang dilakukan lebih efektif dan efisien.

Dampak negatif globalisasi bagi Indonesia

Selain memberi dampak positif, globalisasi juga membawa dampak negatif bagi Indonesia. Dampak ini sifatnya merugikan atau menyebabkan perubahan yang tidak sesuai dengan kebudayaan dan nilai-nilai bangsa Indonesia.

Baca juga: Apa Manfaat Globalisasi bagi Seorang Pelajar?

Berikut beberapa dampak negatif globalisasi bagi Indonesia:

  • Adanya pergeseran nilai

Ambiro Puji Asmaroini dalam jurnal Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya bagi Masyarakat di Era Globalisasi (2017), menuliskan bahwa globalisasi menyebabkan pergeseran atau perubahan nilai.

Pergeseran nilai ini disebabkan oleh kuatnya pengaruh budaya asing di Indonesia, sehingga mengubah kehidupan masyarakat yang menerimanya.

  • Perubahan gaya hidup

Globalisasi memberi dampak negatif berupa perubahan gaya hidup. Contohnya gaya hidup konsumtif dan sikap individualis atau mementingkan diri sendiri. Selain itu, perubahan gaya hidup juga mencakup cara berpakaian dan pola pikir.

  • Timbulnya kesenjangan sosial

Globalisasi memperkuat jurang pemisah antara kelompok masyarakat yang satu dengan yang lain. Akibatnya muncul kesenjangan sosial di banyak bidang, seperti ekonomi, pendidikan, dan sosial.

  • Memudarnya sikap apresiasi terhadap budaya lokal

Informasi dan budaya asing mudah masuk ke Indonesia dengan hadirnya globalisasi. Apabila ini terus dibiarkan, tingkat apresiasi masyarakat terhadap budaya lokal bisa menurun. Akibatnya kebudayaan asli Indonesia akan hilang.

Baca juga: Bukti-Bukti Adanya Globalisasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.