Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sumber Daya Alam dengan Pengaruh Terbesar bagi Manusia

Kompas.com - 15/03/2021, 19:17 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sumber daya alam (SDA) tersedia untuk dimanfaatkan serta dijaga kelestariannya. Dalam kehidupan sehari-hari, makhluk hidup tidak bisa terlepas dari penggunaan serta pemanfaatannya.

Jika melihat pembagiannya, sumber daya alam dibagi menjadi dua jenis, yaitu sumber daya alam yang bisa diperbarui dan yang tidak bisa diperbarui. Semua sumber daya ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup makhluk hidup di bumi.

Ada banyak sumber daya alam di bumi yang memiliki pengaruh besar, tidak hanya bagi manusia tetapi juga bagi hewan atau makhluk hidup lainnya.

Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs Conserve Energy Future:

Baca juga: Sumber Daya Alam: Pengertian, Jenis, Sifat, dan Contohnya

Udara

Tidak ada satupun makhluk hidup di bumi yang bisa bernyawa jika tidak menghirup udara. Setiap detiknya, manusia dan hewan membutuhkan udara untuk bernapas.

Tidak diragukan lagi, jika udara merupakan sumber daya alam terbesar di dunia yang memiliki pengaruh terbesar. Walau begitu, udara juga perlu dirawat dan dilestarikan. Caranya dengan mengurangi polusi udara.

Udara mungkin tidak akan pernah habis, namun bukan berarti tidak dirawat. Karena udara kotor juga bisa menyebabkan berbagai penyakit atau masalah kesehatan.

Air

Sumber daya alam selanjutnya ialah air. Sama seperti udara, tiap makhluk hidup di bumi juga membutuhkan air untuk keberlangsungan hidupnya.

Air tidak hanya untuk diminum, tetapi juga untuk mencuci baju, mengairi sawah atau menyiram tanaman, dan lain sebagainya. Keberadaan sumber daya air juga harus dirawat agar tidak habis dan tetap layak digunakan (tidak tercemar).

Batu bara

Batu bara merupakan salah satu sumber daya alam terbesar di dunia. Penggunaan batu bara biasanya diperuntukkan sebagai bahan bakar industri, pembangkit listrik, dan lain sebagainya.

Sayangnya, batu bara menjadi salah satu sumber utama penyebab polusi udara di dunia. Pada saat ini, banyak negara di dunia sedang berupaya mengurangi penggunaan batu bara dan beralih menggunakan sumber daya terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Bagaimana Masyarakat Memanfaatkan Sumber Daya Alam?

Minyak bumi

Minyak bumi termasuk dalam salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Menurut perkiraan, pasokan minyak bumi tidak akan cukup untuk 30 hingga 40 tahun lagi karena sering dieksploitasi dan dimanfaatkan. Padahal proses pembuatannya membutuhkan waktu jutaan tahun.

Salah satu manfaat terbesar minyak bumi ialah untuk bahan bakar kendaraan, pembuatan pupuk, kebutuhan rumah tangga, bahan baku industri dan lain sebagainya. 

Gas alam

Gas alam sering digunakan sebagai pembangkit listrik, bahan bakar kendaraan, LPG, bahan baku industri, dan lain sebagainya. Diperkirakan jika cadangan gas alam juga mulai menipis. 

Umumnya gas alam terbentuk bersamaan dengan minyak bumi, yang mana juga membutuhkan waktu jutaan tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com