Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengelola Sumber Daya Alam dengan Prinsip Ekoefisiensi

Kompas.com - 15/10/2020, 14:54 WIB
Cahya Dicky Pratama,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan sebaik mungkin. Agar generasi mendatang bisa menikmati sumber daya alam yang ada saat ini.

Hal tersebut dapat terjadi apabila sumber daya alam dikelola dengan prinsip ekoefisiensi.

Dilansir dari buku Kamus Populer Kesehatan Lingkungan (2002) karya Hadi Siswanto, ekoefisiensi bertujuan untuk menggunakan sumber daya alam seefektif mungkin, sehingga tidak ada sumber daya alam yang terbuang dan akan berbentuk limbah.

Mengelola sumber daya alam dengan prinsip ekoefisiensi dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Mengelola sumber daya air

Air merupakan kebutuhan pokok bagi makhluk hidup. Meskipun air merupakan sumber daya yang dapat diperbarui, menjaga ketersediaan dan kualitas air tetap perlu dilakukan.

Baca juga: Prinsip Ekoefisiensi dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam

Dalam buku Ensiklopedia Geografi Lingkungan Hidup (2018) karya Retno Hastuti, dijelaskan cara pemanfaatan air yang baik, antara lain mempergunakan air seefisien mungkin dan melindungi perairan agar terjaga kebersihannya.

Melindungi perarian dapat dilakukan dengan cara sanitasi sungai dan sanitasi air sumur.

  • Mengelola sumber daya perikanan

Indonesia merupakan negara maritim, oleh sebab itu Indonesia memiliki sumber daya laut yang melimpah, salah satunya ikan.

Meskipun ketersediaan ikan di Indonesia cukup melimpah, pemanfaatan yang bijak tetap saja harus dilakukan.

Agar generasi mendatang tetap bisa menikmati dan keseimbangan ekologi laut tetap terjaga.

Cara mengelola sumber daya perikanan secara efisien adalah dengan membatasi jumlah hasil tangkapan, mulai membudidayakan ikan laut, melarang penggunaan pukat harimau untuk menangkap ikan.

Baca juga: Cara Mengoptimalkan Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Hayati

  • Mengelola sumber daya pertambangan

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil bahan tambang yang cukup banyak, seperti emas, nikel, pasir besi, minyak bumi dan lain-lain. Bahan tambang tersebut merupakan sumber daya alam yang tidak bisa diperbarui.

Sehingga, penggunaannya harus dilakukan secara efisien. Agar bahan tambang tersebut masih dirasakan dan dinikmati oleh generasi-generasi berikutnya.

Salah satu cara pemanfaatan bahan tambang secara efisien adalah dengan cara beralih menggunakan bahan pengganti. Misalnya penggunaan bahan bakar minyak diganti dengan energi lain seperti listrik, panas matahari, ataupun gas.

  • Ilustrasi mengelola sumber daya hutanshutterstock.com/By Nik_svoboden Ilustrasi mengelola sumber daya hutan
    Mengelola sumber daya hutan

Hutan merupakan wilayah vital di muka bumi. Hutan memiliki peran sebagai paru-paru dunia dan penyimpan cadangan air. Oleh karena itu, pemanfaatan hutan harus dilakukan seefisien mungkin agar peran hutan tetap terjaga.

Baca juga: Cara Menghemat Energi

Pemanfaatan hutan secara efisien dapat dilakukan dengan cara tebang pilih pohon, melakukan reboisasi setelah penebangan pohon, dan konservasi wilayah hutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com