Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/03/2024, 16:34 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Hal tersebut tentu karena tangan merupakan bagian dari alat gerak manusia.

Pernahkah Anda tanpa sedar melakukan gerakan tangan yang sama di beberapa kesempatan? Bagaimana hal tersebut terjadi? Apakah tangan dapat mengingat dan memiliki memori?

Baca juga: Bagaimana Otak Menyimpan Memori dan Informasi?

Memori tangan manusia

Bagi kebanyakan orang, isyarat tangan saat bercakap-cakap merupakan tindakan yang tidak disadari. Namun mereka mempunyai tujuan penting yaitu memfasilitasi komunikasi.

Saat terbiasa mengetik, seseorang akan mampu menjalankan jari-jari di atas keyboard tanpa kesusahan dan dalam waktu singkat. Sebagian lagi bahkan tidak perlu melihat apa yang ditekan oleh jari tangan.

Apakah hal tersebut karena tangan memiliki memori?

Jawabannya tidak sesederhana ya atau tidak. Tangan kita tidak memiliki memori dalam arti menyimpan informasi seperti otak.

Namun, tangan kita memiliki memori otot, yang merupakan kemampuan untuk mengingat dan melakukan gerakan tanpa perlu berpikir secara sadar.

Dikutip dari National Center of Biotechnology Information, muscle memory, atau yang secara harfiah diterjemahkan menjadi "memori otot" menjelaskan bagaimana otot tangan seseorang mengingat gerakan tertentu. Bukan otot itu sendiri yang menyimpan informasi, melainkan otak Anda.

Baca juga: 7 Langkah Sehat Menjaga Ketajaman Memori

Ketika seseorang melakukan suatu tindakan berulang kali, seperti bermain piano atau mengetik. Otak akan memperkuat koneksi saraf yang terlibat dalam gerakan-gerakan tersebut.

Seiring waktu, tubuh manusia menjadi terbiasa dengan pola-pola ini. Hal ini memungkinkan seseorang untuk melakukan tindakan dengan lebih mudah dan tanpa banyak pikiran sadar. Dengan begitu, tangan Anda terasa berjalan dengan sendirinya.

Sebagai gambaran, semakin sering Anda berlatih rute tertentu, semakin tertanam belokan dan manuvernya.

Pada akhirnya, Anda bisa menavigasinya hampir seperti autopilot. Hal tersebut terjadi, tetapi di anggota gerak tubuh.

Manfaat dari muscle memory

Dengan adanya muscle memory dalam tubuh manusia, banyak aktivitas yang secara tidak sadar akan terbantu. Beberapa manfaat dari muscle memory yang dapat Anda rasakan seperti:

  • Lebih cepat mempelajari keterampilan baru karena tubuh Anda telah memiliki dasar untuk gerakan yang sama.
  • Lebih efisien saat melakukan gerakan yang diingat.

Bahkan setelah beristirahat dari suatu aktivitas karena cedera atau alasan lain, muscle memory dapat membantu Anda memperoleh kembali kemahiran lebih cepat.

Baca juga: Menghapus Memori Buruk, Mungkinkah?

Jadi, meskipun otot Anda tidak menyimpan memori, jalur komunikasi antara otot dan otak Anda dapat menyimpan memori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com