Berciuman Jadi Hal yang Berbahaya di Zaman Batu, Kok Bisa?

Kompas.com - 19/03/2024, 12:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Zaman Batu adalah masa yang sulit untuk dijalani.

Manusia purba yang hidup kala itu harus menghadapi predator ganas, cuaca yang tak kenal ampun, dan perjuangan terus-menerus untuk mendapatkan makanan.

Baca juga: Orang Zaman Batu Sudah Bikin Bubur, Seperti Apa?

Tapi selain itu ada juga ancaman mematikan berupa keracunan bakteri dari makanan, air tercemar, dan ciuman.

Kenapa bisa begitu?

Bakteri di Zaman Batu

Mengutip IFL Science, Kamis (14/3/2024) dalam sebuah studi baru, para ilmuwan di Universitas Stockholm dan Museum Sejarah Alam Swedia mengamati mikroba patogen yang beredar di Skandinavia pada Zaman Batu.

Mereka melakukan ini dengan menganalisis mikrobioma dari 38 individu, beberapa dari komunitas pemburu-pengumpul kuno dan lainnya dari pemukiman pertanian Neolitikum.

Secara total, mereka mengidentifikasi 660 spesies mikroba.

Beberapa bakteri yang paling banyak ditemukan adalah Yersinia enterocolitica dan Salmonella enterica.

Dua bakteri tersebut umumnya dikaitkan dengan keracunan makanan akibat daging kurang matang atau makanan yang terkontaminasi tinja.

Selama Zaman Batu, ribuan tahun sebelum antibiotik dan pengobatan modern, keracunan makanan tentu menjadi hal yang menyusahkan.

Dalam studi ini, peneliti juga menemukan manusia purba terinfeksi Yersinia pestis, bakteri penyebab wabah.