Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Temukan Struktur Zaman Batu, Lebih Tua dari Piramida Mesir

Kompas.com - 21/09/2022, 20:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Arkeolog yang melakukan penggalian di Vinor, dekat Praha, Republik Ceko menemukan sisa-sisa struktur Zaman Batu.

Bukan struktur biasa, para ahli menyebut, bahwa umurnya lebih tua dari Stonehenge dan bahkan piramida Mesir.

Struktur Zaman Batu yang dikenal dengan sebutan roundel itu diperkirakan berumur 7000 tahun.

Baca juga: Bagaimana Orang pada Zaman Batu Berbicara dan Pakai Bahasa Apa?

 

Komunitas petani lokasi kemungkinan memanfaatkan bangunan berbentuk melingkar itu untuk tujuan tertentu, yang belum diketahui secara pasti oleh para peneliti.

Meski masih terlalu dini untuk menyimpulkan siapa pembuat bangunan bundar ini, peneliti menyebut kalau struktur merupakan bagian dari budaya Tembikar Gores yang berkembang antara 4900 SM hingga 4400 SM.

Miroslav Kraus, direktur penggalian roundel pun mengungkapkan penggalian lebih lanjut struktur akan memberi mereka petunjuk tentang penggunaan bangunan.

Dikutip dari Live Science, Rabu (21/9/2022) para peneliti pertama kali mengetahui tentang keberadaan roundel pada 1980-an, ketika pekerja kontruksi memasang pipa gas dan air.

Namun baru penggalian terbaru ini lah yang mengungkap keseluruhan struktur untuk pertama kalinya, termasuk temuan pecahan tembikar, tulang binatang, dan peralatan batu di parit.

Sisa-sisa tersebut yang juga dapat membantu tim untuk menentukan dengan tepat tanggal konstruksi struktur dan mungkin juga menghubungkannya dengan pemukiman Neolitik yang ditemukan di dekatnya.

Roundel bukanlah fitur kuno yang terkenal sampai beberapa dekade yang lalu, di mana fotografi udara dan drono menjadi bagian penting dari peralatan arkeologi.

Sekarang, para arkeolog tahu bahwa roundel adalah bukti arsitektur tertua di seluruh Eropa.

Di lihat dari atas bundaran terdiri dari satu atau lebih parit bundar yang lebar dengan beberapa celah yang berfungsi sebagai pintu masuk.

Bagian dalam setiap roundel kemungkinan dilapisi dengan tiang kayu, mungkin dengan lumpur yang menutupi celahnya.

Baca juga: Rekonstruksi Wanita Zaman Batu yang Hidup di Malaysia 5700 Tahun Lalu

Roundel sebenarnya telah ditemukan di seluruh Eropa tengah tetapi semuanya berasal dari rentang waktu hanya dua atau tiga abad.

Salah satu teori berdasar studi di tahun 2012 yang dipublikasikan di Archaeological Papers of the American Anthropological Association menyebut bahwa roundel berfungsi sebagai observatorium atau semacam kalender.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com