Kompas.com - 21/09/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Arkeolog yang melakukan penggalian di Vinor, dekat Praha, Republik Ceko menemukan sisa-sisa struktur Zaman Batu.

Bukan struktur biasa, para ahli menyebut, bahwa umurnya lebih tua dari Stonehenge dan bahkan piramida Mesir.

Struktur Zaman Batu yang dikenal dengan sebutan roundel itu diperkirakan berumur 7000 tahun.

Baca juga: Bagaimana Orang pada Zaman Batu Berbicara dan Pakai Bahasa Apa?

 

Komunitas petani lokasi kemungkinan memanfaatkan bangunan berbentuk melingkar itu untuk tujuan tertentu, yang belum diketahui secara pasti oleh para peneliti.

Meski masih terlalu dini untuk menyimpulkan siapa pembuat bangunan bundar ini, peneliti menyebut kalau struktur merupakan bagian dari budaya Tembikar Gores yang berkembang antara 4900 SM hingga 4400 SM.

Miroslav Kraus, direktur penggalian roundel pun mengungkapkan penggalian lebih lanjut struktur akan memberi mereka petunjuk tentang penggunaan bangunan.

Dikutip dari Live Science, Rabu (21/9/2022) para peneliti pertama kali mengetahui tentang keberadaan roundel pada 1980-an, ketika pekerja kontruksi memasang pipa gas dan air.

Namun baru penggalian terbaru ini lah yang mengungkap keseluruhan struktur untuk pertama kalinya, termasuk temuan pecahan tembikar, tulang binatang, dan peralatan batu di parit.

Sisa-sisa tersebut yang juga dapat membantu tim untuk menentukan dengan tepat tanggal konstruksi struktur dan mungkin juga menghubungkannya dengan pemukiman Neolitik yang ditemukan di dekatnya.

Roundel bukanlah fitur kuno yang terkenal sampai beberapa dekade yang lalu, di mana fotografi udara dan drono menjadi bagian penting dari peralatan arkeologi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.