Manusia Purba Neanderthal Gunakan Lem untuk Buat Peralatan

Kompas.com - 28/02/2024, 15:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Sebuah penelitian baru kembali menunjukkan bahwa manusia purba Neanderthal memiliki tingkat kecerdasaan yang tinggi.

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan Neanderthal menggunakan lem atau perekat untuk membuat peralatan.

Baca juga: Seperti Apa Kehidupan Wanita Neanderthal?

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science Advances ini menunjukkan perkakas batu yang dibuat Neanderthal direkatkan dengan lem.

Ini adalah bukti paling awal dari perekat kompleks yang dipakai oleh Neanderthal di Eropa.

Temuan juga menambah lebih banyak bukti bahwa manusia yang telah punah ini memiliki tingkat kognisi dan perkembangan budaya yang lebih tinggi daripada perkiraan ilmuwan sebelumnya.

Lem untuk membuat peralatan

Mengutip Popular Science, Sabtu (24/2/2024) dalam penelitian tersebut tim peneliti internasional mengkaji kembali alat-alat yang pertama kali ditemukan pada awal ke-20 di situs arkeologi Le Moustier di Prancis.

Alat-alat tersebut berasal dari sekitar 120.000 dan 40.000 tahun yang lalu, pada era Paleolitik Tengah atau Zaman Batu Tua.

Peneliti kemudian menemukan alat-alat itu direkatkan dengan campuran oker dan bitumen.

Oker adalah pigmen tanah alami yang berwarna kuning pucat, merah, coklat, dan ungu.

Bitumen secara alami terdapat di dalam tanah dan merupakan komponen aspal yang dapat dibuat dari minyak mentah. Di wilayah Le Moustier, aspal dan oker harus dikumpulkan dari lokasi yang jauh.

Sehingga perlu waktu dan tenaga untuk mendapatkannya.