Begini Rupa Hasil Rekonstruksi Wajah Pria Neanderthal Dewasa

Kompas.com - 15/11/2023, 09:34 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Sebuah tim peneliti merekonstruksi wajah seorang pria Neanderthal dewasa yang meninggal sekitar 50.000 tahun yang lalu.

Rekonstruksi Neanderthal ini mengungkapkan bahwa sepupu kita yang telah punah memiliki penampakan yang tidak jauh berbeda dengan manusia modern.

Baca juga: Sejak Kapan Kawin Silang Manusia Modern dan Neanderthal Terjadi?

Rekonstruksi juga memperkuat narasi bahwa manusia purba tersebut tidak seprimitif yang kita duga sebelumnya.

Penemuan pria Neanderthal

Mengutip IFL Science, Senin (13/11/2023) pria Neanderthal yang dikenal sebagai Manusia Tua La Chapelle ditemukan pada tahun 1908 di gua Chapelle-aux-Saints di barat daya Prancis.

Analisis selanjutnya terhadap kerangka tersebut mengungkapkan bahwa pria tersebut setidaknya berusia 60 tahun pada saat kematiannya sekitar 56.000 hingga 47.000 tahun yang lalu.

Menariknya, jenazah Neanderthal dinyatakan positif mengidap brucellosis, penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri yang biasanya tertular akibat mengonsumsi produk susu yang tidak dipasteurisasi.

Menurut para peneliti, ini mungkin merupakan salah satu kasus penyakit menular paling awal yang terdokumentasikan dari hewan ke manusia.

"Ketika kerangka Neanderthal ini ditemukan pada tahun 1908, hal ini berkontribusi pada kemajuan penelitian tentang nenek moyang kita,” kata penulis penelitian Francesco Galassi dari Universitas Lodz.

Seiring berjalannya waktu, hal ini terus menarik minat peneliti, termasuk untuk meronstruksi wajah pria Neanderthal itu.