Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/02/2024, 14:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Yunani kuno mengacu pada zaman di tahun 700-480 SM. Di masa itu, Yunani terkenal dengan seni, arsitektur, dan filosofinya. 

Yunani kuno memiliki iklim yang hangat dan kering, sebagaimana Yunani saat ini. Kebanyakan orang di masa itu hidup dengan bertani, menangkap ikan, dan berdagang. Sementara lainnya menjalani pekerjaan sebagai tentara, cendekiawan, ilmuwan, dan seniman.

Rumah masyarakat Yunani kuno

Kota-kota Yunani memiliki kuil- kuil yang indah dengan tiang-tiang dan patung batu besar serta teater terbuka untuk menyelenggarakan pertunjukan.

Kebanyakan orang Yunani kuno tinggal di pedesaan. Saat itu, tak sedikit orang Yunani yang hidup miskin dan kesulitan karena kelangkaan tanah pertanian, air, dan kayu untuk bangunan. Oleh sebab itu, banyak orang Yunani yang berlayar mencari tanah baru untuk ditinggali.

Baca juga: Apakah Orang Yunani dan Romawi Kuno Menderita Demensia?

Rumah-rumah orang Yunani kuno biasanya polos dan sederhana. Rumah mereka terbuat dari batu bata lumpur yang dilapisi plester. Atapnya terbuat dari ubin tembikar. Jendelanya tidak memiliki kaca dan hanya lubang di dinding. 

Orang miskin saat itu tinggal di rumah dengan satu, dua, atau tiga kamar, sedangkan orang Yunani kaya tinggal di rumah besar dengan banyak kamar. 

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang rumah orang Yunani Kuno:

  • Rumah-rumah Yunani kuno dibangun di sekitar halaman atau taman. 
  • Rumah era Yunani kuno tidak memiliki banyak furnitur di dalamnya. Orang-orang kaya menghiasi dinding dan lantai dengan ubin dan lukisan berwarna-warni.
  • Banyak rumah tidak memiliki kamar mandi. Ada pemandian umum, tapi kebanyakan orang mencuci menggunakan ember kecil atau di sungai terdekat. Hanya orang kaya yang bisa mandi di rumah.
  • Pada malam hari, orang Yunani tidur di tempat tidur yang diisi wol, bulu, atau rumput kering. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com