Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Identifikasi Makam Keluarga Alexander Agung

Kompas.com - 25/01/2024, 18:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ahli berhasil mengidentifikasi makam keluarga dari penguasa masa lalu yang terkenal, Alexander Agung.

Makam itu terletak di Tumulus Besar Vergina di Yunani utara.

Baca juga: Mengapa Alexander Agung Tidak Menyerang Roma?

Makan berisi sisa-sisa ayah, ibu tiri, saudara tiri, dan putra Alexander Agung bersama dengan baju besi dan barang-barang lain milik penguasa tersebut.

Temuan makam

Mengutip IFL Science, Rabu (24/1/2024) makam kerabat Alxander Agung ini pertama kali digali pada tahun 1977 dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Meski tidak ada keraguan bahwa tulang-tulang yang dikuburkan itu adalah milik kerabata dekat Alexander, para ahli menghabiskan hampir setengah abad untuk berdebat mengenai siapa sebenarnya yang ada di dalam makam.

Untuk mengetahuinya, peneliti kemudian menggabungkan analisis osteologis, fotografi makro, sinar-X, dan pembedahan anatomi peninggalan kuno dengan sumber sejarah dari masa lalu.

Saat melakukan hal tersebut, mereka menemukan bahwa Makam I berisi tulang seorang pria dengan cedera lutut, serta seorang wanita dan seorang bayi, yang baru berusia beberapa hari atau minggu pada saat kematiannya.

Oleh karena itu, mereka menyimpulkan bahwa sosok laki-laki tersebut adalah Raja Philip II dari Makedonia, ayah Alexander Agung yang diketahui pincang. Usia bayi yang sangat muda juga sejalan dengan kisah pembunuhan Philip pada tahun 336 SM.

Menurut sebagian besar sumber, Philip II dibunuh oleh pengawalnya hanya beberapa hari setelah istrinya Cleopatra melahirkan.

Baca juga: Apakah Alexander Agung Memiliki Anak?

Diperkirakan pembunuhan itu atas perintah istri Philip sebelumnya yaitu Olympias yang merupakan ibu dari Alexander.

Setelah pembunuhan itu, Olympias kemudian membunuh Cleopatra dan bayinya, kemungkinan dilakukan dengan cara membakar hidup-hidup.

Dengan begitu, terbuka jalan bagi Alexander untuk naik tahta.

Sebelumnya, sebagian ahli berpendapat bahwa Philip II dimakamkan di Makam II yang juga berisi berisi jenazah seorang pria dan seorang wanita.

Namun, tidak adanya bayi, ditambah dengan tidak adanya tanda-tanda trauma fisik pada kerangka laki-laki, membuat ahli mengesampingkan kemungkinan tersebut.

Peneliti kemudian menyimpulkan bahwa makam II merupakan makan Adea Eurydice, istri saudara tiri Alexander, Raja Arrhidaeus.

Sementara makam III berisi sisa-sisa Alexander IV yang merupakan putra Alexander Agung yang masih remaja.

Singkatnya, para peneliti menyimpulkan bahwa Makam I adalah milik Raja Philip II, istrinya Cleopatra dan anak mereka yang baru lahir. Makam II milik Raja Arrhidaeus dan istrinya Adea Eurydice. Dan Makam III merupakan makam Alexander IV.

Studi dipublikasikan di Journal of Archaeological Science: Reports.

Baca juga: Fakta-fakta Menarik Alexander Agung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com