Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Pari Jawa Dinyatakan Punah, Aktivitas Manusia Jadi Penyebabnya

Kompas.com - 16/12/2023, 12:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Ikan pari Jawa (Urolophus javanicus), spesies pari super langka, telah dinyatakan punah tim internasional yang dipimpin oleh Charles Darwin University (CDU), Australia, melakukan penyelidikan.

Hilangnya ikan pari Jawa merupakan kepunahan ikan laut pertama yang tercatat akibat aktivitas manusia.

Pernyataan ini muncul ketika International Union for Conservation of Nature (IUCN) merilis Daftar Merah Spesies Terancam Punah per 11 Desember 2023.

Kandidat PhD dari CDU sekaligus peneliti utama, Julia Constance, mengungkapkan sejumlah masalah yang berkontribusi pada kepunahan ikan pari Jawa.

Constance mengungkapkan, penangkapan ikan secara intensif dan tidak diatur kemungkinan besar merupakan ancaman utama yang mengakibatkan berkurangnya populasi ikan pari Jawa. Ini ditunjukkan hasil tangkapan ikan pesisir di Laut Jawa yang sudah menurun pada tahun 1870an.

Baca juga: Dianggap Punah Selama Lebih dari 80 Tahun, Tikus Emas Kini Muncul Kembali

Selain itu, menurut Constance, Pesisir utara Jawa, khususnya Teluk Jakarta yang merupakan tempat hidup ikan pari Jawa, juga merupakan kawasan industri besar sehingga berdampak cukup parah dan menyebabkan kepunahan spesies ini.

Sebagai bagian dari penilaian terhadap populasi ikan Stingaree Jawa, tim mengamati ancaman yang diketahui, seperti penangkapan ikan berlebihan dan hilangnya habitat, melalui survei.

Kandidat PhD lain dari CDU, Benaya Simeon, yang sedang mempelajari ikan pari terancam punah di Indonesia, mengatakan bahwa meskipun telah dilakukan survei ekstensif sejak tahun 2001, tidak ada spesimen tambahan yang ditemukan.

Simeon mencatat, tidak ada spesies serupa ikan pari Jawa di Jawa dan fakta bahwa ikan ini belum ditemukan selama survei yang tak terhitung jumlahnya telah menegaskan kepunahannya.

Peneliti Senior dari Research Institute for the Environment and Livelihoods CDU, Peter Kyne, mengatakan, ada lebih dari 120 ikan laut yang berstatus sangat terancam punah di dunia dan punahnya ikan pari Jawa merupakan titik kritis bagi keanekaragaman hayati laut.

Baca juga: Jika Manusia Punah, Seperti Apa Kehidupan di Bumi Setahun Setelahnya?

Menurutnya, kita harus menciptakan strategi pengelolaan yang tepat, seperti melindungi habitat dan mengurangi penangkapan ikan yang berlebihan, sekaligus mengamankan penghidupan masyarakat yang bergantung pada sumber daya ikan.

Sekilas tentang ikan pari Jawa

Ikan pari Jawa adalah spesies ikan pari di keluarga Urolophidae, yang hanya diketahui dari satu spesimen betina sepanjang 33 cm yang ditangkap Jakarta.

Hingga dinyatakan punah, populasi spesies ini belum tercatat lagi sejak ditemukan lebih dari 150 tahun yang lalu.

Ikan pari Jawa memiliki tubuh dengan bagian atasnya berwarna coklat dan memiliki bintik-bintik yang lebih gelap dan terang.

Ikan ini memiliki sirip ekor di depan tulang belakang, sirip punggung berbentuk oval yang panjang, serta ekor dengan sirip dada.

Ikan pari Jawa mungkin hiduy di perairan sekitar Jakarta. Sebaran pastinya, serta kedalaman dan preferensi habitatnya, tidak diketahui, tetapi mungkin sangat terbatas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com