NASA Ungkap Potensi 17 Exoplanet untuk Tampung Lautan Air Cair

Kompas.com - 14/12/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Earth.com

KOMPAS.com - Sebuah studi baru yang dilakukan oleh NASA mengungkapkan bahwa 17 exoplanet yang terletak di luar tata surya berpotensi menampung lautan air cair di bawah permukaan esnya.

Penemuan ini memiliki implikasi besar bagi pemahaman para ahli tentang kemungkinan kehidupan di luar Bumi.

Tim peneliti telah menghitung aktivitas geyser di exoplanet ini, yang merupakan perkiraan pertama yang menawarkan metode baru untuk mengamati tanda-tanda kehidupan di dunia yang jauh.

Menariknya, dua dari exoplanet ini berada cukup dekat sehingga memungkinkan dilakukannya pengamatan teleskopik.

Exoplanet, lautan, dan “zona layak huni”

Secara tradisional, pencarian kehidupan di luar Bumi fokus pada planet yang berada di “zona layak huni”. Zona ini ditentukan oleh kisaran jarak keberadaan air cair di permukaan planet.

Baca juga: Apa Planet Terbesar yang Pernah Ditemukan?

Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa kehidupan juga bisa ada di planet-planet di luar zona ini, jika planet tersebut memiliki lautan di bawah lapisan es, yang bagian dalamnya memanas.

Lynnae Quick dari Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA sekaligus peneliti utama studi ini menjelaskan, analisis ini memperkirakan bahwa 17 exoplanet tersebut mungkin memiliki permukaan yang tertutup es, tetapi menerima pemanasan internal yang cukup dari peluruhan unsur radioaktif dan gaya pasang surut untuk menjaga lautan bagian dalam.

Pemanasan internal ini juga dapat mengakibatkan letusan kriovolkanik, yang mirip dengan geyser.

Quick menambahkan, berkat jumlah pemanasan internal yang didapat, semua planet dalam penelitian ini juga dapat menunjukkan letusan kriovolkanik dalam bentuk gumpalan mirip geyser.

Perkiraan kondisi di exoplanet

Tim peneliti menghitung ulang perkiraan suhu permukaan setiap exoplanet, menggunakan kecerahan permukaan yang diketahui dan sifat-sifat lain dari Europa dan Enceladus sebagai modelnya.