Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2023, 18:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sungai Amazon melewati tiga negara, yakni Peru, Kolombia, dan Brasil. Lebih dari 30 juta orang menempati daerah aliran sungai tersebut.

Namun, Sungai Amazon yang sangat panjang dan besar itu tidak memiliki jembatan yang melintasinya. Sementara itu, Sungai Nil memiliki lebih dari 100 jembatan dan Sungai Danube memiliki 133 jembatan.

Mengapa demikian? Apakah ada kesulitan membangun jembatan di hutan hujan yang memiliki rawa-rawa, lahan basah yang luas, dan semak belukar yang lebat?

Alasan Amazon tidak memiliki jembatan

Menurut Walter Kaufmann dari Institut Teknologi Federal Swiss Zurich, tidak ada kebutuhan yang mendesak untuk membangun jembatan yang melintasi Amazon. Amazon, yang panjangnya 6.920 km berkelok-kelok, melalui wilayah yang jarang penduduknya sehingga hanya ada sedikit jalan utama yang dapat dihubungkan dengan jembatan.

Sementara itu, kota-kota besar dan kecil yang berbatasan dengan Sungai Amazon menggunakan perahu dan feri sebagai sarana transportasi. Dengan demikian, Kaufmann mengatakan, tidak ada kebutuhan nyata untuk membangun jembatan di Amazon, selain untuk membuat perjalanan lebih cepat.

Baca juga: El Nino Sebabkan Amazon dan Hutan Tropis di Indonesia Alami Kekeringan

Kaufmann menambahkan, ada juga kesulitan teknis dan logistik. Menurutnya, Amazon bukanlah lokasi yang ideal untuk membangun jembatan karena banyak batu alami yang menjadi kesulitan bagi para pekerja konstruksi.

Rawa-rawa yang luas dan tanah yang lunak di Amazon membutuhkan jembatan dengan akses yang sangat panjang dan fondasi yang sangat dalam sehingga membutuhkan dana yang besar. Kemudian, perubahan posisi aliran sungai sepanjang musim dengan perbedaan kedalaman air juga akan menyulitkan konstruksi. 

Meskipun masalah-masalah tersebut tidak hanya ditemukan di Amazon, masalah tersebut sangat parah di sana, menurut Kaufmann. Bahkan, Kaufmann menyebut wilayah Amazon termasuk yang paling sulit di dunia. 

Jadi, selain tidak adanya kebutuhan yang mendesak untuk membangun jembatan yang melintasi Amazon, proses yang dibutuhkan untuk membangun jembatan tersebut akan memakan banyak waktu dan biaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com