Kompas.com - 30/11/2023, 08:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Sebelum manusia ada dan menciptakan peradaban seperti sekarang ini, dunia ditinggali oleh dinosaurus.

Namun muncul pertanyaan menggelitik. Jika memang dinosurus hidup di Bumi jutaan tahun lalu, mengapa bukti-bukti keberadaan mereka jarang ditemukan di planet ini?

Baca juga: Peneliti Menduga Telur Dinosaurus Awal Bercangkang Kasar

Mengutip IFL Science, Sabtu (25/11/2023) fosil dinosaurus sebenarnya ditemukan di semua benua.

Hanya saja memang jumlah penemuannya tidak masif dan tidak merata antara satu tempat dengan wilayan lain.

Ini lantaran proses fosilisasi yang jarang terjadi dan hanya terbentuk dalam keadaan tertentu saja.

Proses terbentuknya fosil

Ketika seekor hewan mati, agar menjadi fosil, tubuh hewan perlu terkubur oleh sedimen sebelum kemudian ditutupi oleh lebih banyak lapisan sedimen lagi.

Saat tekanan meningkat, tubuh hewan yang mati dikompresi untuk membentuk batuan sedimen.

Selama proses tersebut, mineral meresap ke dalam tulang hewan yang terbungkus dan mengubahnya menjadi batu.

Karena memerlukan penumpukan sedimen di atas bangkai hewan, hampir semua fosil yang ditemukan berada di laut, tempat berpasir, dan lumpur. Dinosaurus yang mati di atas tanah jarang menjadi fosil.

"Sebagian besar fosil dinosaurus yang kami temukan berasal dari hewan yang hidup di dekat danau atau sungai,” ungkap David Button, peneliti dinosaurus di Natural History Museum.