Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Logam Apa yang Sehat untuk Peralatan Masak?

Kompas.com - 19/11/2023, 06:34 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.comPeralatan masak yang berkualitas tinggi menjadi kunci utama dalam menciptakan hidangan lezat dan sehat.

Salah satu aspek yang seringkali diabaikan namun memiliki dampak besar pada kesehatan dan keamanan makanan adalah jenis logam yang digunakan dalam peralatan masak.

Baca juga: Retakan Kecil pada Panci Teflon Lepaskan Ribuan Partikel Plastik

Logam yang digunakan dapat berinteraksi dengan makanan selama proses memasak, sehingga pemilihan jenis logam menjadi faktor krusial.

Tidak semua logam cocok untuk digunakan dalam peralatan masak dan beberapa bahkan dapat melepaskan senyawa yang berpotensi merugikan kesehatan manusia.

Oleh karena itu, muncul pertanyaan mendasar yaitu "Jenis logam seperti apa yang sehat untuk peralatan masak?"

Jenis logam yang aman untuk peralatan masak

Beberapa jenis logam yang dianggap aman untuk peralatan masak melibatkan penggunaan baja tahan karat, besi cor, dan titanium, seperti yang dikutip dari Live Strong, Kamis (16/11/2023).

1. Baja tahan karat

Baja tahan karat tetap dianggap sebagai logam aman untuk digunakan dalam memasak, menurut National Library of Medicine Amerika Serikat.

Meskipun terdengar seperti variasi baja yang bersih dan murni sebenarnya baja tahan karat terdiri dari berbagai jenis logam seperti besi, kromium, nikel, molibdenum, atau titanium menurut Clemson University.

Nama tahan karat merujuk pada ketahanannya terhadap goresan, korosi, dan kerusakan akibat panas terutama karena adanya titanium.

Baca juga: Kenapa Wajan Teflon Antilengket?

Namun, kelemahannya terletak pada kurangnya konduktivitas panas merata, sehingga beberapa peralatan memadukan lapisan tembaga atau aluminium di bagian bawah untuk meningkatkan distribusi panas.

Sifat kokoh, biaya yang relatif terjangkau, ketahanan terhadap panas tinggi, dan ketahanan terhadap keausan membuatnya menjadi pilihan yang baik. 

2. Besi cor

Panci besi cor adalah pilihan populer lainnya yang tahan lama dan ekonomis selain baja tahan karat.

Peralatan ini terbuat dari besi saja dan kemungkinan zat besi yang bocor dari peralatan ini tidak akan membahayakan kesehatan mengingat manusia membutuhkan zat besi dalam makanan mereka.

Tubuh manusia membutuhkan zat besi untuk memproduksi hemoglobin dan menjaga sel darah merah berfungsi dengan baik.

Peralatan masak besi cor bahkan dapat bermanfaat bagi mereka yang mengalami kekurangan zat besi atau anemia, menurut studi yang diterbitkan di PLOS One pada September 2019.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com