Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2022, 20:51 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Plastik yang tahan panas, tahan bahan kimia, dan antilengket adalah polytetrafluoroethylene (PTFE) atau yang umum dikenal sebagai teflon.

Biasanya, teflon digunakan sebagai pelapis peralatan masak antilengket, seperti penggorengan dan wajan. 

Dilansir dari Healthline, teflon adalah bahan kimia sintetis yang terdiri dari atom karbon dan fluor.

Teflon yang pertama kali dibuat pada 1930-an ini memberikan permukaan yang tidak reaktif, antilengket, dan hampir tanpa gesekan.

Permukaan antilengket membuat peralatan masak berlapis teflon nyaman digunakan dan mudah dibersihkan.

Baca juga: Ahli Kembangkan Enzim yang Bisa Mengurai Plastik dalam Hitungan Jam

Memasak dengan peralatan yang dilapisi teflon juga membutuhkan sedikit minyak, menjadikannya cara yang lebih sehat untuk memasak makanan.

Teflon memiliki beberapa kegunaan lain, seperti pelapis kawat dan kabel, pelindung kain dan karpet, dan kain tahan air untuk pakaian outdoor, seperti jas hujan.

Kenapa teflon antilengket?

Dilansir dari Science ABC, teflon tidak mudah bereaksi dengan zat lain. Ini memiliki titik leleh yang tinggi dan menunjukkan sifat listrik yang luar biasa. 

Sifat antilengket teflon dapat berasal dari struktur kimianya. Ini adalah padatan fluorokarbon yang terdiri dari rantai panjang atom karbon dan fluor.

Baca juga: Bahaya Sampah Plastik bagi Lingkungan

Sederhananya, teflon tidak mau bersentuhan dengan benda lain sehingga tidak membiarkan apapun (termasuk makanan, air, dan lain-lain) menempel padanya sehingga ia umum dijadikan lapisan antilengket.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com