Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Terjun Lembah Anai Meluap, Masih Berpeluang Awan Tebal 2 Hari ke Depan

Kompas.com - 14/06/2022, 19:40 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Air terjun Lembah Anai yang terletak di Tanah Datar, Sumatera Barat meluap pada Senin (13/6/2022) malam dan diperkirakan cuaca di sana masih cenderung berawan tebal dalam dua hari ke depan.

Air terjun Lembah Anai meluap tersebut telah mengakibatkan akses jalan yang menghubungkan daerah Padang dan Bukittinggi mengalami kemacetan total.

Kasat Lantas Polres Padang Panjang, Iptu Lazuardi mengatakan, ratusan kendaraan baik yang datang dari arah padang maupun Bukittinggi tidak bergerak sama sekali.

“Peristiwanya tadi malam. Sempat terjadi macet karena air menggenangi jalan dan tidak bisa dilalui kendaraan,” kata Iptu Lazuardi dalam pemberitaan Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: 5 Air Terjun Terbesar di Dunia

Dijelaskan Lazuardi, untuk sementara ini diketahui penyebab meluapnya Lembah Anai tersebut dikarenakan hujan deras sehingga membuat debit air terjun meningkat. 

Akibatnya, air terjun di Lembah Anai meluap ke jalan, sehingga kendaraan tidak bisa melewati jalan tersebut.

Sementara itu, Forecaster on Duty (FoD) Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika belum menyampaikan apapun mengenai analisis terkini faktor-faktor pemicu terjadinya luapan Lembah Anai tersebut.

“Kami masih menunggu analisis (terkait cuaca yang menyebabkan air terjun Lembah Anai meluap) dari UPT BMKG Sumatera Barat,” kata Prakirawan Cuaca BMKG, Tomi Ilham kepada Kompas.com, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Air Terjun Dalam Laut, Nyata atau Ilusi Optik?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com