Ahli Kembangkan Enzim yang Bisa Mengurai Plastik dalam Hitungan Jam

Kompas.com - 08/05/2022, 10:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Polusi plastik sudah menjadi problem dunia yang mengkhawatirkan. Para ilmuwan pun bekerja keras dan berlomba, untuk menemukan cara bagaimana penggunaan plastik tanpa menyebabkan begitu banyak kerusakan jangka panjang pada lingkungan sekitar.

Dan kini peneliti berhasil menemukan varian enzim yang dibuat khusus untuk memecah komponen plastik dalam waktu yang lebih singkat.

Tim pengembang enzim bahkan menyebut, bila varian enzim itu dapat digunakan untuk membersihkan situs yang terkontaminasi oleh polusi plastik. Hal ini pun dapat menjadi solusi dari masalah plastik yang kian hari makin memprihatinkan.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Bakteri Pemakan Plastik, Mungkinkah Jadi Solusi Atasi Sampah Global?

Dikutip dari Science Alert, Sabtu (7/5/2022) dalam pengujian, peneliti memakai produk yang terbuat dari polimer polietilen tereftalat (PET).

Dengan menggunakan varian enzim yang dikembangkan itu, PET dapat diuraikan hanya dalam waktu seminggu. Dalam beberapa kasus bahkan dapat diurai hanya dalam 24 jam.

Padahal seperti yang kita tahu PET merupakan produk yang membutuhkan waktu berabad-abad untuk terdegradasi dengan baik dalam kondisi alami.

"Ini memberikan kesempatan bagi seluruh industri dan non industri untuk mendaur ulang produk mereka," kata Hal Alper, insinyur kimia dari University of Texas di Austin.

Dalam pengembangan enzim yang disebut enzim FAST-PETase ini, peneliti menggunakan PETase alami dan memodifikasinya menggunakan kecerdasan buatan untuk menemukan lima mutasi yang dapat mengurai plastik dengan lebih cepat dalam kondisi yang berbeda.

Usai varian enzim melakukan tugasnya memotong plastik menjadi unit molekul dasar (depolimerisasi), peneliti juga menunjukkan bahwa enzim dapat menyatukan kembali plastik (repolimerisasi) menggunakan proses kimia untuk membuat produk plastik baru.

Untuk mengembangkan enzim FAST-PETase tersebut peneliti memerlukan studi terhadap 51 wadah plastik yang berbeda, lima serat poliester yang berbeda, dan kain serta botol air yang terbuat dari PET.