Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/11/2023, 11:00 WIB
Usi Sulastri,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Proses fenomena uban dalam bahasa Indonesia merujuk pada peristiwa alami di mana warna rambut mengalami perubahan menjadi putih atau abu-abu, yang biasa disebut rambut beruban.

Meskipun sering dikaitkan dengan penuaan, fenomena rambut beruban dapat terjadi pada individu yang lebih muda akibat berbagai faktor.

Baca juga: Peneliti: Uban Berkaitan dengan Sistem Imun Manusia

Pertanyaan mengenai penyebab rambut beruban terus menarik perhatian. Lantas, kenapa rambut beruban?

Sel melanosit pengaruhi munculnya uban

Peneliti dari fakultas kedokteran New York University Grossman menemukan mekanisme sel-sel induk pada rambut yang dapat menyebabkan perubahan warna menjadi abu-abu, dikutip dari The Guardian, Selasa (14/11/2023).

Studi ini menunjukkan bahwa sel-sel induk kehilangan kemampuannya untuk menjadi dewasa dan mempertahankan warna seiring bertambahnya usia.

Sel induk melanosit atau McSCs diyakini memiliki peran kunci dalam fenomena rambut beruban.

Kumpulan McSC yang berkembang di dalam folikel rambut mendapatkan sinyal untuk menjadi sel matang yang menghasilkan pigmen protein bertanggung jawab atas warna.

Para peneliti menemukan bahwa selama pertumbuhan rambut normal, sel-sel terus berputar di antara kompartemen folikel rambut yang sedang berkembang.

Di dalam kompartemen inilah McSC terkena sinyal yang mempengaruhi kedewasaan.

Temuan menunjukkan bahwa McSC bertransformasi antara keadaan sel induk paling primitif dan tahap pematangan selanjutnya, bergantung pada lokasinya.

Baca juga: Benarkah Stres Picu Munculnya Uban? Sains Jelaskan 

Seiring bertambahnya usia, temuan menunjukkan bahwa semakin banyak McSC yang terjebak di kompartemen sel induk yang disebut tonjolan folikel rambut tempat mereka menetap.

Mayumi Ito, peneliti senior dalam studi tersebut, menyatakan, "Hilangnya fungsi seperti bunglon dalam sel induk melanosit mungkin bertanggung jawab atas uban dan hilangnya warna rambut."

Upaya untuk mencegah rambut beruban dini

Jika penyebab rambut beruban adalah faktor genetik atau penuaan tidak ada cara untuk mencegah atau membalikkan proses tersebut.

Namun, jika rambut beruban disebabkan oleh kondisi medis merawat rambut dapat membantu mengembalikan pigmentasi warna.

Dilansir dari Medical News Today, Selasa (14/11/2023), terdapat beragam cara yang dapat diambil untuk mencegah rambut beruban.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com