Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
BRIN
Badan Riset dan Inovasi Nasional

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia. BRIN memiliki tugas menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Membaca Pesan "Flare Prewedding Panas" Gunung Bromo

Kompas.com - 14/11/2023, 20:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Yayan Hadiyan, S.Hut, M.Sc.

PRESIDEN Joko Widodo, yang kebetulan seorang Rimbawan, turut memerintahkan langsung kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Bukit Teletubbies Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), segera dipadamkan.

Keprihatinan mendalam pemimpin negeri ini, mewakili rasa sedih dan simpatik rakyat Indonesia bahkan dunia.

Baca juga: Eksotika Bromo, Menguak Asal Usul Orang Tengger di Kaki Bromo

Oleh sebab di samping nilai tinggi tumbuhan endemiks disana, wisata Bromo juga salah satu destinasi wisata domestik maupun manca negara. Tidak heran jika tragedi "Flare Prewedding Bromo", yang memicu api melalap 500- 800an ha savana indah itu, menyedot perhatian berbagai kalangan.

Kerugian yang ditimbul pun tidak hanya pada berkruangnya pendapatan TNBTS, akibat penutupan per 10 September 2023 lalu (Surat Kepala TNBTS No. PG.09/T.8/BIDTEK/9/2023).

Tetapi wisatawan yang jadwal kedatangannya tertunda pun turut menanggung konsekwensi, termasuk para penyedia penginapan dan transportasi.

Termasuk wisatawan manca negara. Terlebih kerugian ekologis seperti: hilangnya sumberdaya genetic dan jenis endemik, emisi, migrasi paksa satwa serta intangible resources lainnya, sangat memprihatinkan.

Lampu kuning pengelolaan

TNBTS adalah Kawasan Konservasi yang dibentengi berbagai aturan dan sumberdaya manusia yang handal dan profesional, didesign untuk melindungi ribuan potensi yang khas didalamnya.

Menurut sejarahnya, kawasan ini merupakan gabungan dari areal cagar alam, taman wisata, hutan produksi dan hutan lindung (https://bromotenggersemeru.org). Tidak heran jika potensi ekonominya luar biasa, terkhusus untuk wisata karena rona alamnya seksi.

Dilaporkan bahwa kunjungan wisatawan ke Gunung Bromo itu mencapai 138.695 orang tahun 2021, dan meningkat tajam 318.919 orang tahun 2022 (https://news.republika.co.id).

Baca juga: Viral Fenomena Embun Beku di Bromo-Semeru, Apa Bedanya dengan Salju?

Namun di sisi lain, keriuhan potensi ekonomi itu, sekaligus menjadi tantangan bagi upaya perlindungan dan pengelolaan ekosistem taman nasional yang baik.

"Flare Prewedding Bromo" hanya percikan dalam perjalanan panjang sejarah pengelolaan TNBTS, tetapi pesan yang dikirimkannya amat jelas bagi perbaikan pengelolaan. Tak ada yang ragu, bahwa keadilan harus ditegakkan bagi pelanggar Karhutla dan siapapun yang terlibat.

Namun demikian, itu hanyalah salah satu cara yang sering diduga akan berdampak jera. Dalam prakteknya, pendekatan sosial, budaya, edukasi bahkan keagamaan, dalam Karhutla perlu dipertimbangkan, oleh karena penyebab karhutla didominasi oleh prilaku manusia (anthropogenic).

Dalam kasus "Flare Bromo", minimnya pengetahuan dan kesadaran pasangan calon pengantin dan EO Fotografi tentang bahayanya "bermain api" di kawasan konservasi musim kemarau, menjadi indikasi penting.

Pertama, terkait efektifitas awareness building tentang Karhutla bagi para pengunjung TNBTS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com