5 Asteroid Paling Berbahaya bagi Bumi Menurut NASA

Kompas.com - 13/11/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Sekitar 66 juta tahun yang lalu, Bumi dihantam oleh asteroid yang sangat besar, yang melepaskan energi yang setara dengan ledakan 72 triliun ton TNT.

Hantaman ini menimbulkan "bekas luka" selebar 180 km di lokasi yang sekarang menjadi Semenanjung Yucatán, Meksiko.

Dampak yang paling terkenal dari tabrakan asteroid ini adalah kematian dinosaurus nonavian bersama dengan sekitar tiga perempat spesies Bumi lainnya.

Sebagai upaya untuk mencegah tabrakan dahsyat serupa, NASA's Center for Near Earth Object Studies (CNEOS) mengoperasikan sistem pemantauan dampak Sentry, yang terus melakukan analisis jangka panjang terhadap kemungkinan orbit asteroid yang berpotensi berbahaya bagi Bumi di masa depan.

Baca juga: Studi Baru Ungkap Dampak Debu Asteroid pada Kepunahan Dinosaurus

Asteroid paling berbahaya bagi Bumi

Sejauh analisis saat ini, berikut adalah lima asteroid yang menimbulkan risiko terbesar bagi Bumi.

1. Bennu

Ditemukan pada bulan September 1999, dan secara resmi diberi nama "101955 Bennu (1999 RQ36) ", asteroid Bennu diprediksi dapat menimbulkan risiko terbesar bagi Bumi. Namun, tumbukan Bennu tidak akan terjadi untuk beberapa waktu ke depan.

Ilmuwan NASA menghitung bahwa ketika Bennu melakukan pendekatan ke Bumi pada 24 September 2182, terdapat 0,037% atau 1 dari 2.700 kemungkinan asteroid tersebut akan menghantam Bumi.

Jika Bennu berdampak pada Bumi, ia akan melepaskan energi yang setara dengan ledakan 1,4 miliar ton TNT sehingga menyebabkan kerusakan regional namun tidak berpotensi menyebabkan kehancuran global. Jika berdampak pada wilayah padat penduduk, Bennu bisa menyebabkan jutaan kematian.

Untuk mempersiapkan hal ini, para ilmuwan mempelajari sebanyak mungkin tentang asteroid kaya karbon ini, yang diyakini telah memisahkan diri dari asteroid yang lebih besar antara 2 miliar hingga 700 juta tahun yang lalu.