Oksigen Telah Terdeteksi di Atmosfer Siang dan Malam di Venus

Kompas.com - 08/11/2023, 18:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, atom oksigen terdeteksi di atmosfer siang hari di Planet Venus, tanpa menjadi bagian dari molekul yang lebih besar.

Para peneliti baru-baru ini menyatakan bahwa oksigen di atmosfer Venus dihasilkan pada siang hari melalui penguraian karbon dioksida dan karbon monoksida, yang kemudian diangkut ke sisi malam melalui sirkulasi atmosfer.

Pengamatan oksigen di Venus

Ketika Venus diselidiki dari jarak dekat, misi tersebut mengungkap atmosfer Venus yang sarat dengan karbon dioksida dan karbon monoksida.

Mengingat oksigen merupakan unsur yang sangat reaktif, sehingga di planet, oksigen biasanya berikatan dengan unsur lain, seperti di kerak Bumi atau atmosfer.

Akibatnya, keberadaan oksigen atom masih jauh dari pasti. Meski demikian, pengamatan atmosfer Venus oleh satelit Venus Express telah melaporkan adanya sejumlah atom oksigen yang "bersinar" di atmosfer malam.

Baca juga: Benarkah Planet Venus Berputar Mundur?

Pengamatan yang baru diterbitkan tidak hanya menunjukkan hal tersebut, tetapi juga memberikan beberapa pengetahuan mengenai proses yang menciptakan dan mendistribusikan oksigen.

Profesor Heinz-Wilhelm Hübers dari German Aerospace Center dan rekannya menggunakan Stratospheric Observatory for Infrared Astronomy (SOFIA) untuk mencari oksigen di atmosfer atas Venus di 17 lokasi. Hasilnya, mereka menemukan oksigen di semua lokasi tersebut.

Oksigen terbentuk melalui sinar matahari yang memecah molekul karbon dioksida dan karbon monoksida.

Angin Venus yang kuat menyapu atom-atom ke atmosfer malam, tempat mereka bergabung menjadi molekul oksigen, sebelum bereaksi dengan unsur-unsur lain.

Meskipun terdapat redistribusi ini, kepadatan oksigen lima kali di Venus lebih tinggi pada siang hari dibandingkan pada malam hari.