Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Ada Pesawat Luar Angkasa yang Pernah Mendarat di Venus?

Kompas.com - 21/08/2023, 15:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Venus adalah planet kedua dari Matahari, yang sering disebut kembaran Bumi karena memiliki ukuran, massa, kepadatan, komposisi, dan gravitasi yang mirip.

Venus bukanlah planet yang paling dekat dengan Matahari, namun atmosfernya yang padat memerangkap panas dalam versi efek rumah kaca yang menghangatkan Bumi.

Akibatnya, suhu di Venus mencapai 471 derajat Celcius. Ini lebih dari cukup panas untuk melelehkan timah.

Pesawat luar angkasa yang pernah mendarat di Venus

Melansir Cool Cosmos, ada beberapa pesawat luar angkasa milik Uni Soviet yang pernah mendarat di planet terpanas di tata surya.

Baca juga: Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Venus?

Namun, pendaratan itu hanya dapat mengirimkan informasi untuk waktu yang singkat karena suhu dan tekanan yang sangat tinggi di permukaan Venus dapat melelehkan dan menghancurkan pesawat luar angkasa.

Pada tanggal 15 Desember 1970, sebuah pesawat ruang angkasa tak berawak milik Soviet, Venera 7, menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang mendarat di planet lain. Venera 7 mengukur suhu atmosfer di Venus.

Pada tahun 1972, Venera 8 mengumpulkan data atmosfer dan permukaan Venus selama 50 menit setelah mendarat.

Kemudian, pada 22 Oktober 1975, Venera 9 mendarat di permukaan Venus. Pendaratan ini berhasil mendapatkan foto close-up pertama dari permukaan Planet Venus.

Baca juga: Venus, Planet Terpanas yang Dijuluki Kembaran Bumi

Tiga hari kemudian, Venera 10 juga mendarat di Venus. Venera 10 memotret permukaannya dan mempelajari batuan di Venus.

Pada bulan Desember 1978, Venera 11 dan Venera 12 mendarat di Venus dan mengirim kembali lebih banyak data tentang atmosfer Venus.

Venera 12 mengirim kembali data selama 110 menit (terlama dari semua pendarat Venera) sebelum efek panas dan tekanan mengakhiri misinya.

Terakhir, pada bulan Maret 1982, dua pesawat ruang angkasa Soviet mendarat di Venus, yakni Venera 13 dan Venera 14. Mereka mengirim kembali gambar dan mempelajari tanah di Venus.

Sebagai informasi, pada jarak terjauhnya, Venus rata-rata berjarak 257 juta km dari Bumi. Paling dekat, Venus berjarak 41 juta km dari Bumi.

Baca juga: Kenapa Venus Terlihat Sangat Terang dari Bumi?

Karena orbit Venus dan Bumi sedikit berubah dari waktu ke waktu, jarak terdekat dan terjauh ini meluas dan menyusut seiring waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com