Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2023, 12:36 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Venus adalah planet kedua dari Matahari, yang sering disebut kembaran Bumi karena memiliki ukuran, massa, kepadatan, komposisi, dan gravitasi yang mirip.

Selain Mars, Venus merupakan planet tetangga Bumi. Meski demikian, jarak terdekat antara Venus dan Bumi tetap mencapai puluhan juta kilometer.

Jarak Bumi ke Venus

Jarak terdekat Bumi dan Venus adalah ketika Venus berada pada posisi terjauhnya dari matahari (aphelion) dan Bumi berada pada posisi terdekatnya (perihelion), dengan kedua planet berada di sisi Matahari yang sama.

Pada jarak terjauhnya, Venus rata-rata berjarak 257 juta km dari Bumi. Paling dekat, Venus berjarak 41 juta km dari Bumi.

Baca juga: Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Jupiter?

Karena orbit Venus dan Bumi sedikit berubah dari waktu ke waktu, jarak terdekat dan terjauh ini meluas dan menyusut seiring waktu.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Venus?

Waktu penerbangan ke Venus bervariasi di berbagai misi. Dilansir dari The Planets, jika tujuannya hanya untuk sampai ke Venus secepat mungkin sambil mengamati, perjalanannya dapat memakan waktu sekitar 3 bulan, seperti misi Mariner 2.

Namun, jika tujuannya untuk memasuki orbit Venus dengan aman, maka ini akan memakan waktu perjalanan yang lebih lama.

Karena Venus lebih dekat ke Matahari daripada Bumi, dan benda-benda bertambah cepat saat mendekati Matahari, sebagian dari kecepatan itu perlu dikurangi agar orbit dapat dicapai.

Baca juga: Berapa Lama Perjalanan dari Bumi ke Matahari?

Sejauh ini, perjalanan tersingkat yang ditempuh pesawat luar angkasa dari Bumi untuk mencapai Venus memakan waktu 109/110 hari.

Perjalanan itu dicapai dengan misi Mariner 2 yang melakukan terbang lintas pertama ke Venus. Diperkirakan pesawat luar angkasa Venera 1 Rusia mencapai Venus lebih cepat, yaitu dalam waktu 97 hari. Namun, Venera 1 kehilangan kontak dengan Bumi dan tidak dapat mendekati planet tersebut sehingga misi dinyatakan gagal.

Semakin kompleks misinya, semakin lama waktu penerbangannya. Misi cepat terbang lintas dapat diluncurkan dengan cepat dan tidak perlu melambat untuk memasuki orbit dengan aman.

Sedangkan, misi yang lebih kompleks memiliki waktu terbang yang lebih lama, seperti misi Venus Express yang memiliki waktu terbang 153 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com